Senin, 06 Juli 2020 00:17

Sekdaprov Jatim Ajak Siswa-Siswi SMA Biasakan Cium Tangan Orang Tua dan Guru

Jumat, 01 November 2019 18:21 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Didi Rosadi
Sekdaprov Jatim Ajak Siswa-Siswi SMA Biasakan Cium Tangan Orang Tua dan Guru
Sekdaprov Jatim bersama siswa menyanyi bersama lagu Ibu Pertiwi pada acara Pembinaan Pendidikan arakter Siswa di H. Mercure, Jumat (1/11).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Heru Tjahjono mengajak kepada seluruh siswa-siswi SMA di Jawa Timur untuk selalu menghormati orang tua dan guru mereka. Salah satu caranya dengan membiasakan mencium tangan orang tua mereka setiap akan berangkat sekolah, serta kepada guru setiap kali mereka datang di sekolah.

“Saya pesan pada anak-anak semua, untuk selalu menjaga etika dan sopan santun dengan mencium tangan atau salim dengan orang tua dan guru-guru kita,” tegas Heru Tjahjono sapaan lekat Sekdaprov Jatim saat membuka Pembinaan Pendidikan Karakter Siswa Menuju Generasi Anti Korupsi yang diikuti oleh seribu siswa-siswi SMA se-Jatim di Hotel Mercure, Surabaya, Jumat (1/11).

Menurut Heru, pembiasaan ini merupakan salah satu bentuk upaya membangun karakter dan kepribadian yang baik bagi generasi penerus bangsa. Dengan demikian, lewat etika yang baik tersebut, membuat para siswa-siswi SMA mampu bertindak jujur.

“Diawali dengan pembiasan salim ini akan bisa membangun etika, sehingga akan terbentuk karakter jujur yang akan bisa terbawa hingga kedepannya,” ungkap mantan Bupati Tulungagung ini.

Selain itu, Heru juga mengajak para siswa-siswi SMA, untuk selalu menjalin komunikasi yang baik dengan orang tua mereka. Salah satu caranya, yaitu dengan tidak menggunakan gadget pada hari libur. Sehingga, akan tercipta quality time bersama seluruh anggota keluarga.

“Coba kalau Sabtu dan Minggu tidak usah menggunakan handphone, manfaatkan waktu untuk ngobrol dengan orang tua. Misalnya saat tamasya, kalian bisa menceritakan pengalaman yang didapat dari pelatihan hari ini,” urai Heru.

Pada kesempatan tersebut, Sekdaprov Heru juga mengajak seluruh siswa-siswi yang hadir menyanyikan bersama lagu “Tanah Airku”. Menurutnya, penanaman jiwa anti korupsi bisa dimulai dengan memupuk rasa cinta tanah air sejak dini.

“Makna lagu ini sangat dalam, oleh sebab itu dalam situasi apapun mari kita terus menjaga tanah air kita tercinta. Termasuk di dalamnya, komitmen untuk menegakkan semangat anti korupsi di lingkungan sekitar,” pungkasnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Prov. Jatim Hudiyono menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan wujud komitmen Pemprov Jatim untuk memperkuat pendidikan karakter, serta menumbuhkan kepekaan siswa-siswi SMA di Jatim terhadap pemberantasan anti korupsi.

Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 31 Oktober 2019 - 2 November 2019 dengan melibatkan KPK dan Kepolisian Daerah (Polda) Jatim sebagai pembicara. (mdr/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Rabu, 01 Juli 2020 18:44 WIB
Oleh Fandi Akhmad Yani (Gus Yani)*Kring... Kring.. Kring.. "Hallo Pak Ketua". Terdengar suara lirih dari depan kantor DPRD Gresik saat saya keluar dari kantor. Adalah Mbah Amang Genggong. Sudah menjadi kebiasaannya setiap kali melintas di depan ged...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Jumat, 03 Juli 2020 22:23 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...