Rabu, 27 Januari 2021 14:25

Pemkab Polewalimandar Berguru PHBS ke Gresik

Selasa, 29 Oktober 2019 17:33 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Pemkab Polewalimandar Berguru PHBS ke Gresik
Bupati Gresik Sambari dan Wabup Polewalimandar Natsir bertukar cinderamata. foto: ist

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Wakil Bupati Polewalimandar Sulawesi Barat, Mohammad Natsir Rahmad melakukan kunjungan ke Pemkab Gresik, Selasa (29/10).

Natsir bersama rombongan Pemkab Polewalimandar diterima langsung oleh Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto di ruang Graita Eka Praja Kantor Bupati Gresik. Kedatangan Natsir untuk berguru program perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) yang diterapkan Pemkab Gresik dan dinilai sukses.

Mereka kemudian mengunjungi Desa Sambogunung Dukun yang telah mempraktikkan PHBS, sehingga mendapatkan penghargaan baik tingkat provinsi maupun nasional.

Tampak dalam rombongan Pemkab Polewalimandar Ketua Tim Penggerak (TP) PKK yang juga istri Bupati, Kepala Dinas Kesehatan, dan beberapa Asisten.

Sementara Bupati Gresik didampingi oleh istrinya Hj. Maria Ulfa selaku Ketua TP PKK Kabupaten Gresik, Kepala Inspektorat Edy Hadisiwoyo, dan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Saifudin Ghozali, serta beberapa Kepala Bidang dari Dinkes.

Menurut Wabup Polewalimandar, kedatangannya bersama seluruh rombongan bertujuan untuk belajar tentang PHBS di Desa Sambogunung. "Kami akan belajar di sini untuk peningkatan pengetahuan, agar kami bisa mengetrapkan hal yang baik di sini ke daerah kami di Polewalimandar. Tolong saya dikasih ilmunya terkait penerapan PHBS. Bagaimana Pemkab Gresik ini menerapkan program-program PHBS sehingga berhasil meraih prestasi nasional," ujarnya.

Bupati Sambari menyatakan, di Kabupaten Gresik program PHBS berjalan seiring program pemerintah dalam memerangi stunting. "Semuanya harus serasi seimbang dan klop," katanya.

Menurut dia, ada sepuluh indikator yang harus laksanakan dalam program PHBS. Yaitu, persalinan harus ditolong oleh tenaga kesehatan, memberi ASI ekslusif, menimbang balita setiap bulan, menggunakan air bersih, mencuci tangan dengan air bersih dan sabun.

Kemudian menggunakan jamban sehat, memberantas jentik di setiap rumah seminggu sekali, makan buah dan sayur setiap hari, melakukan aktivitas fisik setiap hari, dan tidak merokok di dalam rumah.(hud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...