Selasa, 10 Desember 2019 01:44

Pemkab Polewalimandar Berguru PHBS ke Gresik

Selasa, 29 Oktober 2019 17:33 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Pemkab Polewalimandar Berguru PHBS ke Gresik
Bupati Gresik Sambari dan Wabup Polewalimandar Natsir bertukar cinderamata. foto: ist

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Wakil Bupati Polewalimandar Sulawesi Barat, Mohammad Natsir Rahmad melakukan kunjungan ke Pemkab Gresik, Selasa (29/10).

Natsir bersama rombongan Pemkab Polewalimandar diterima langsung oleh Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto di ruang Graita Eka Praja Kantor Bupati Gresik. Kedatangan Natsir untuk berguru program perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) yang diterapkan Pemkab Gresik dan dinilai sukses.

Mereka kemudian mengunjungi Desa Sambogunung Dukun yang telah mempraktikkan PHBS, sehingga mendapatkan penghargaan baik tingkat provinsi maupun nasional.

Tampak dalam rombongan Pemkab Polewalimandar Ketua Tim Penggerak (TP) PKK yang juga istri Bupati, Kepala Dinas Kesehatan, dan beberapa Asisten.

Sementara Bupati Gresik didampingi oleh istrinya Hj. Maria Ulfa selaku Ketua TP PKK Kabupaten Gresik, Kepala Inspektorat Edy Hadisiwoyo, dan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Saifudin Ghozali, serta beberapa Kepala Bidang dari Dinkes.

Menurut Wabup Polewalimandar, kedatangannya bersama seluruh rombongan bertujuan untuk belajar tentang PHBS di Desa Sambogunung. "Kami akan belajar di sini untuk peningkatan pengetahuan, agar kami bisa mengetrapkan hal yang baik di sini ke daerah kami di Polewalimandar. Tolong saya dikasih ilmunya terkait penerapan PHBS. Bagaimana Pemkab Gresik ini menerapkan program-program PHBS sehingga berhasil meraih prestasi nasional," ujarnya.

Bupati Sambari menyatakan, di Kabupaten Gresik program PHBS berjalan seiring program pemerintah dalam memerangi stunting. "Semuanya harus serasi seimbang dan klop," katanya.

Menurut dia, ada sepuluh indikator yang harus laksanakan dalam program PHBS. Yaitu, persalinan harus ditolong oleh tenaga kesehatan, memberi ASI ekslusif, menimbang balita setiap bulan, menggunakan air bersih, mencuci tangan dengan air bersih dan sabun.

Kemudian menggunakan jamban sehat, memberantas jentik di setiap rumah seminggu sekali, makan buah dan sayur setiap hari, melakukan aktivitas fisik setiap hari, dan tidak merokok di dalam rumah.(hud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 09 Desember 2019 06:11 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Untuk menyambut peringatan hari jadi Banyuwangi (Harjaba) ke-248 pada 18 Desember 2019, Kabupaten yang berjuluk The Sunrise of Java ini menggelar parade seni budaya Kuwung dengan tema "Gumelare Bumi Blambangan" Sab...
Senin, 09 Desember 2019 23:53 WIB
Oleh: Sila Basuki, SH, MBA Tren kemenangan seorang calon independen dalam pilkada Kota Surabaya akan sangat mungkin terjadi, mengingat di beberapa kota lain juga bisa terjadi. Berkat Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008, tentang peruba...
Sabtu, 30 November 2019 20:10 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*76. Wa-in kaaduu layastafizzuunaka mina al-ardhi liyukhrijuuka minhaa wa-idzan laa yalbatsuuna khilaafaka illaa qaliilaan.Dan sungguh, mereka hampir membuatmu (Muhammad) gelisah di negeri (Mekah) karena engkau h...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...