Kamis, 27 Februari 2020 02:59

25 Peserta Meriahkan Madura Musik Daul Festval Tahun 2019

Senin, 28 Oktober 2019 13:04 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yeyen
25 Peserta Meriahkan Madura Musik Daul Festval Tahun 2019
Salah satu peserta Ul-Daul dalam Madura Festival Musik Daul. Tampak masyarakat antusias memadati sepanjang rute karnaval.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Wakil Bupati Pamekasan Raja'e melepas peserta Madura Musik Daul Festival 2019 yang merupakan rangkaian Hari Jadi Pamekasan ke-489 di depan hotel Front One jalan Jokotole Pamekasan, Madura, Ahad (27/10/19 ) malam.

Musik Daul merupakan musik etnik yang tumbuh dan berkembang di Pamekasan.

Tampak hadir dalam pelepasan peserta Madura Musik Daul Festival tersebut forkopimda dan beberapa kepala OPD. Sedangkan ribuan masyarakat memadati sepanjang jalan yang dilalui 25 peserta karnaval. Mereka sangat antusias ingin menyaksikan festival musik tradisional tersebut.

Wakil Bupati Pamekasan Raja'e dalam sambutannya mengatakan, Festival musik Daul ini untuk mendorong kreativitas para pelaku seni, khususnya musik Daul yang ada di Kabupaten Pamekasan.

"Kita sama-sama memahami bahwa seni budaya sebagai sebuah sektor telah mengambil peran penting dalam hubungan antara bangsa di dunia. Seni budaya telah menjadi bagian gaya hidup dan kebutuhan manusia. Menikmati keindahan seni budaya yang merupakan hasil cipta dan karsa manusia telah menjadi salah satu kebutuhan dasar yang tidak dapat diabaikan," ungkapnya.

Raja'e berharap, musik Etnik Daul sebagai salah satu kekayaan seni budaya Pamekasan bisa terus dilestarikan masyarakat, Apalagi saat ini musik Etnik Daul sudah menyebar ke seluruh Madura. "Melalui musik Ul-Daul, kita ingin mewujudkan Pamekasan hebat, Rajjah, Bejjrah, tor parjuggeh," pungkasnya.

Sedangkan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pamekasan mengatakan, festival ini sebagai bentuk perhatian pemerintah dalam melestarikan kebudayaan daerah, khususnya musik Daul.

"Festival ini juga dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Pamekasan yang ke 489," ungkapnya.

Festival musik Daul tersebut diikuti 25 grup, baik dari Pamekasan, Sampang, dan Sumenep. Mereka tampil dengan kereta kencana berbagai bentuk yang sudah berhias lampu, diiringi para penari yang menambah pesona festival. (yen/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 21 Februari 2020 20:10 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Tuban mempunyai wisata edukasi baru berupa Taman Kelinci. Suasana Taman Kelinci yang terletak di tepi jalan Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban ini begitu adem, asri, dan sejuk, karena jauh dar...
Senin, 24 Februari 2020 14:06 WIB
Oleh : Firman Syah Ali*Pertama Kali saya berjumpa Habib Ahmad Bin Ismail Alaydrus pada tahun 2016 lalu di Majelis Ratib beliau di Kawasan Tapos Bogor. Waktu itu saya hadir Maulid Akbar diajak oleh kakak ipar beliau, Habib Usman Arsal Alhabsyi Jakarta...
Kamis, 20 Februari 2020 11:01 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALAyat kaji 80 ...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...