Suhu Panas, Kadinkes Pacitan: Jaga Tubuh Jangan Sampai Dehidrasi

Suhu Panas, Kadinkes Pacitan: Jaga Tubuh Jangan Sampai Dehidrasi Kepala Dinas Kesehatan Pacitan Eko Budiono.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan, Eko Budiono memberikan imbauan ke masyarakat luas untuk waspada seiring peningkatan suhu udara belakangan ini. Utamanya terhadap kesehatan, bagaimana agar terhindar dari dehidrasi. Sebab dehidrasi bisa berdampak fatal terhadap keberlangsungan kehidupan setiap manusia.

"Seiring dengan suhu udara yang relatif meningkat, maka masyarakat perlu mencegah dehidrasi," kata Eko, Jumat (25/10).

Menurut Eko, ada beberapa cara agar terhindar dari dehidrasi. Satu di antaranya dengan mencukupi kebutuhan air minum minimal 8 gelas air putih setiap hari, bagi setiap orang dewasa. Selain itu, menambah porsi makan buah-buahan setiap hari dan mengurangi aktivitas fisik berlebihan di luar gedung.

"Dan yang terpenting selalu mengontrol warna dan volume air kencing. Segera meminum air putih masak saat terasa harus. Jangan tunda rasa haus terlalu lama. Bila terasa panas berlebihan, dinginkan tubuh dengan memakai handuk yang sudah dibasahi dengan air," jelas dia.

Di samping kiat-kiat di atas, Eko juga mengimbau masyarakat menghubungi petugas kesehatan terdekat atau datang ke sarana pelayanan kesehatan terdekat bila muncul dehidrasi yang mengganggu kesehatan.

"Ini beberapa langkah strategis untuk tetap menjaga stabilitas kesehatan tubuh seiring adanya ekskalasi suhu udara," tandas dia. (yun/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '3 Mobil dan Becak Motor Tertimpa Pohon Tumbang di Makassar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO