​Atasi Karhutla, Emil Dardak Segera Inventarisasi Personel

​Atasi Karhutla, Emil Dardak Segera Inventarisasi Personel Wagub Jatim Emil Dardak saat melakukan koordinasi bersama yang diselenggarakan di Pangkalan Abd. Rahman Saleh Malang, Rabu (23/10). foto: ist

MALANG, BANGSAONLINE.com - Musim kemarau yang terjadi pada tahun ini memberikan dampak cukup besar. Sehingga menyebabkan kekeringan hingga kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di sejumlah daerah di Jatim. Untuk itu, Pemprov Jatim bersama TNI-Polri, Perhutani, BPBD, Dinas Kehutanan Prov. Jatim melakukan inventarisasi personel guna terwujudnya satu komando agar penanganan bisa dilakukan secara optimal.

"Kami terus melakukan inventarisasi personil guna memetakan daerah mana yang terdampak Karhutla ini, sehingga bisa dilakukan langkah-langkah strategis," ujar Emil Dardak saat melakukan koordinasi bersama yang diselenggarakan di Pangkalan Abd. Rahman Saleh Malang, Rabu (23/10).

Ia mengatakan, lewat cara tersebut, diharapkan mendapatkan data valid serta tercapainya target yang diinginkan. Dan jika inventarisasi telah dilakukan, maka peran Pemprov Jatim bisa membantu mobilisasi dan perkuatan di level tiga pilar di desa yakni Kepala Desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas agar dapat turut mendeteksi setiap titik-titik yang menjadi penyebab Karhutla. Pemprov Jatim sendiri, akan terus mensuport setiap tahapan yang akan dilakukan.

"Sejauh ini, Pemprov Jatim telah memberikan bantuan logistik dan juga terus melakukan koordinasi dengan BPPD setempat untuk memperoleh data ketanggap daruratan di masing-masing daerah," jelasnya.

Emil menegaskan, pihaknya telah melakukan upaya pemadaman di titik-titik api yang terjadi di sejumlah daerah pegunungan atau perbukitan dengan melibatkan tim gabungan TNI-Polri bersama BPPD.

Sementara itu, untuk water bombing yang menggunakan helikopter pada hari ini di Gunung Arjuno akan dilakukan di enam titik yang terdeteksi titik api. Semoga titik api bisa segera padam dan tidak meluas. Setelah melakukan water bombing di Gunung Arjuno, Pemprov Jatim juga melakukan di sekitar Gunung Ijen, Wilis dan Argopuro serta sejumlah titik api lain yang terdeteksi oleh tim dari BPBD Prov Jatim.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO