Senin, 09 Desember 2019 22:47

Peringati Hari Santri, Puluhan Anak TPQ Diajak Nonton Film Sang Kiai

Selasa, 22 Oktober 2019 09:16 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Arif Kurniawan
Peringati Hari Santri, Puluhan Anak TPQ Diajak Nonton Film Sang Kiai
Anak-anak TPQ saat menyaksikan film Sang Kiai di Masjid Al-Khalid Kota Kediri. foto: ARIF K/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Berbagai macam cara dilakukan untuk memaknai Hari Santri. Di Kota Kediri misalnya, puluhan siswa TPQ bersama warga diajak pengurus masjid nobar film 'Sang Kiai di dalam masjid.

Inilah yang dilakukan oleh takmir masjid dan pengajar Masjid Al Khalid, Desa Semampir, Kota Kediri. Memperingati Hari Santri yang jatuh pada tanggal 22 Oktober, mereka mengajak anak-anak yang belajar mengaji di Taman Pendidikan Al Quran (TPQ) untuk menonton film Sang Kiai.

Menurut Ketua Takmir Masjid Al Khalid, Slamet, Sang Kiai merupakan film yang berkisah tentang perjuangan ulama karismatik pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, KH. Hasjim Asy'ari (kakek dari K.H. Abudrrahman Wahid/Gus Dur). Beliau adalah tokoh kunci dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan pada era 1942-1947 sekaligus pendiri organisasi Nahdlatul Ulama.

Melalui "Resolusi Jihad", tokoh yang dijuluki Hadratussyeikh atau Maha Guru ini mengimbau dan mengajak para santri pejuang untuk berjihad fisabilillah melawan penjajah yang kemudian melahirkan peristiwa perang besar yang kita kenal sebagai hari Pahlawan 10 November 1945.

Itulah kenapa Slamet dan takmir menganggap film Sang Kiai merupakan langkah tepat memberikan pengenalan sejarah, terkait bagaimana perjuangan kiai dan santri melalui pondok pesantren berjuang dan mengusir penjajah Jepang dari Indonesia.

"Kami memang sengaja memilih cara yang agak berbeda dalam memperingati Hari Santri tahun ini, sehubungan selain Masjid Al Khalid ini merupakan masjid yang baru berdiri, kami ingin lebih memudahkan anak anak dan warga secara audio visual seperti apa perjuangan santri, kiai dan pondok pesantren dalam berjuang mengusir penjajah," ucap Slamet. Senin, (21/10).

Dzaky (10), siswa SD Kelas V yang mengikuti acara Nobar Sang Kiai mengaku merasa sangat terinspirasi dan kagum dengan perjuangan kiai saat melawan dan mengusir penjajah meskipun tidak menggunakan senjata.

"Ini baru pertama kalinya saya nonton film Sang Kiai. Saya kagum, ternyata santri dan pak kiai berjuang, berperang melawan penjajah pakai sarung, padahal penjajahnya pakai senjata dan bom," ujarnya.

Berdasar pantauan, tak seperti masjid pada umumnya, Masjid Al-Khalid tidak memiliki kubah. Identitas itu diganti dengan atap gunungan seperti rumah joglo. Namun, empat tiang penyangga atau tiang soko yang biasanya ada pada rumah khas Jawa, sengaja dihilangkan. Tujuannya agar tidak mengganggu pandangan antara imam dan jamaah saat shalat berjamaah.

Dikonsep dengan gaya kekinian dan instagramable, manajemen masjid dikelola secara modern. Bahkan masjid ini memiliki mesin ATM beras yang pertama kalinya di Kediri. (rif/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 09 Desember 2019 06:11 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Untuk menyambut peringatan hari jadi Banyuwangi (Harjaba) ke-248 pada 18 Desember 2019, Kabupaten yang berjuluk The Sunrise of Java ini menggelar parade seni budaya Kuwung dengan tema "Gumelare Bumi Blambangan" Sab...
Senin, 02 Desember 2019 15:43 WIB
Oleh: Nico Ainul Yakin (Wakil Ketua DPW Nasdem Jawa Timur)HUT ke-8 Partai NasDem yang digelar DPW Partai NasDem Jawa Timur di JX International Surabaya (23/11/2019) lalu berjalan meriah dan sukses. Ribuan kader NasDem dari pelosok Jawa Ti...
Sabtu, 30 November 2019 20:10 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*76. Wa-in kaaduu layastafizzuunaka mina al-ardhi liyukhrijuuka minhaa wa-idzan laa yalbatsuuna khilaafaka illaa qaliilaan.Dan sungguh, mereka hampir membuatmu (Muhammad) gelisah di negeri (Mekah) karena engkau h...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...