Wilayah Jember Terpantau Ada 3 Titik Api Karhutla

Wilayah Jember Terpantau Ada 3 Titik Api Karhutla Kebakaran hutan dan lahan di Jember.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Secara rinci, kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten , Jawa Timur, terpantau ada tiga titik api yang disampaikan oleh BPBD setempat.

Sejumlah personel kurang lebih 19 orang dan dibantu sejumlah relawan diterjunkan untuk melakukan pengamatan serta upaya pemadaman.

Mereka diposkan di wilayah tersebut, tepatnya kawasan lereng Gunung Argopuro. Di antaranya, Kelurahan Mojan, Kecamatan Patrang; Desa Suci, Kecamatan Panti; dan Desa Panduman, Kecamatan Jelbuk.

"Jalur panti 5 orang menuju puncak Argopuro, tepatnya di Cikasur untuk menjangkau titik api terjauh, dengan berjalan kaki. Estimasi 2 sampai 3 hari. Tugasnya melakukan assessment dan pemetaan luasan," ujar Kabid Kedaruratan dan Logiatik Heru Widagdo saat dikonfirmasi di Pusdalops BPBD , Senin (21/10/2019) pagi.

Untuk jalur Mojan sifatnya hanya koordinasi. Diketahui ada 6 personel yang berada di sana. "Untuk wilayah Jelbuk ada 8 personel yang berada di lokasi. Kemudian diketahui tadi malam, terpantau kobaran api merembet ke Kawasan Hutan KPH tepatnya Petak 74," ungkapnya

Selain dilakukan assessment dan pemantauan, petugas juga melakukan upaya pemadaman. "Dengan alat seadanya, dan alat spray (pemyemprot air) yang digendong. Total sementara ini, ada kurang lebih 19 personel BPBD yang diterjunkan, dibantu juga dari relawan MDMC dua orang, SAR OPA, dan lainnya," tandasnya. (jbr1/yud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO