Rabu, 20 November 2019 05:36

Ratusan Reptil Adu Unik di Gedung Aula Baret Hitam Yonkav 8 Tank

Minggu, 20 Oktober 2019 23:25 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Andy Fachrudin
Ratusan Reptil Adu Unik di Gedung Aula Baret Hitam Yonkav 8 Tank
Dewan juri dari Javanese (kanan baju putih) saat keliling menilai reptil para perserta yang mengikuti kontes.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Ratusan anggota komunitas pecinta reptil berkumpul di Aula Baret Hitam, Yonkav 8 Tank, Desa Beji, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan, Ahad (20/10/2019) sore tadi. Mereka mengikuti Kontes Reptil yang diselenggarakan oleh Javanese Salvator Locality Contest.

Ketua Panitia Kontes Reptil, Arifian M. F, mengatakan, kontes digelar untuk menyalurkan hobi dan mengenalkan kepada masyarakat mengenai reptil.

(Peserta berkeliling seperti jarum jam untuk menanti penjurian)

Kontes ini juga bertujuan untuk menguatkan silaturrahim antar sesama komunitas pecinta reptil se-Indonesia, serta menjalin komunikasi dan memberikan edukasi merawat reptil yang baik.

"Tujuan kontes ini, agar masyarakat makin banyak yang suka sama hewan, terutama reptil. Masyarakat awam harus tahu, bahwa reptil itu tidak harus dijauhi. Reptil juga bisa menjadi hewan peliharaan,” kata Arifin, kepada BANGSAONLINE.com, di sela-sela acara.

Dia mengatakan, kontes reptil sinergi Javanese ini sudah yang kedua kalinya. “Ada angin segar, mudah-mudahan ini makin hidup dan ramai pengunjung di anniversary selanjutnya,” ujarnya.

Turut hadir dalam kontes ini, Gery, Ecko Exopets Jawa Barat.  Menurutnya, kontes ini menjadi angin segar untuk menambah pengetahuan para komunitas pecinta reptil Indonesia, khususnya di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

“Ibarat musim kemarau, Gery itu penyejuk buat komunitas pecinta reptil. Kami bersyukur, bisa menghadirkan Gary dari Jawa Barat dan kota-kota lainya di Aula Baret Hitam, Yonkav 8 Tank ini,” tandas Arifin.

Adapun kriteria yang dilombakan ada empat kelas. Yaitu, 6 perveck, biges champion, 3 bes karakter, 3 minus unik. Setiap reptil dinilai dari bebas cacat, kesehatan, warna, kualitas, serta kebersihan dan berat badan.

"Yang terbaik termasuk kalau tidak dikatakan sehat pilek (flu), mata merem, gerakan minim, proposional, tidak terlalu gemuk tidak terlalu kurus, keunikan motif, dan ukuran," tegasnya.

Seperti yang dilakukan oleh Oktora, peserta asal Purwokerto Jawa tengah. Ia mengikutsertakan biawak peliharaannya pada kontes kali ini. 

“Ada beberapa hal yang dinilai, seperti kesehatannya, motif, karakter, dan anatomi badan reptil. Alhamdulilah, si Biawak ini pernah juara, mudah-mudahan pada kontes ini menang,” ujar Oktora sambil menunjukkan biawaknya kepada BANGSAONLINE.com. (maf/par/rev) 

Badai Kembali Terjang Ngawi, Panggung dan Tenda untuk Lomba Panahan di Alun-alun Porak Poranda
Sabtu, 09 November 2019 00:05 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Hujan disertai angin kencang kembali memporak-porandakan Kabupaten Ngawi, Jumat (8/11) sore. Kali ini badai angin menerjang wilayah alun-alun dan sekitarnya, yang kebetulan sedang digelar lomba panahan....
Jumat, 15 November 2019 23:45 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Wisata Budaya Taneyan Lanjhang yang terletak di Dusun Buddagan I Desa Larangan Luar Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan semakin diminati wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Taneyan Lanjhang merupakan rum...
Rabu, 06 November 2019 12:44 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Para elit NU struktural tak bisa menyembunyikan kekecewaannya ketika Presiden Joko Widodo mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019 lalu. Kekecewaan itu dieskpresikan secara terbuka oleh Wakil Ketua PB...
Senin, 18 November 2019 12:31 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*71. Yawma nad’uu kulla unaasin bi-imaamihim faman uutiya kitaabahu biyamiinihi faulaa-ika yaqrauuna kitaabahum walaa yuzhlamuuna fatiilaan.(Ingatlah), pada hari (ketika) Kami panggil setiap umat dengan pemimpi...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...