Rabu, 05 Agustus 2020 05:15

Ratusan Reptil Adu Unik di Gedung Aula Baret Hitam Yonkav 8 Tank

Minggu, 20 Oktober 2019 23:25 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Andy Fachrudin
Ratusan Reptil Adu Unik di Gedung Aula Baret Hitam Yonkav 8 Tank
Dewan juri dari Javanese (kanan baju putih) saat keliling menilai reptil para perserta yang mengikuti kontes.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Ratusan anggota komunitas pecinta reptil berkumpul di Aula Baret Hitam, Yonkav 8 Tank, Desa Beji, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan, Ahad (20/10/2019) sore tadi. Mereka mengikuti Kontes Reptil yang diselenggarakan oleh Javanese Salvator Locality Contest.

Ketua Panitia Kontes Reptil, Arifian M. F, mengatakan, kontes digelar untuk menyalurkan hobi dan mengenalkan kepada masyarakat mengenai reptil.

(Peserta berkeliling seperti jarum jam untuk menanti penjurian)

Kontes ini juga bertujuan untuk menguatkan silaturrahim antar sesama komunitas pecinta reptil se-Indonesia, serta menjalin komunikasi dan memberikan edukasi merawat reptil yang baik.

"Tujuan kontes ini, agar masyarakat makin banyak yang suka sama hewan, terutama reptil. Masyarakat awam harus tahu, bahwa reptil itu tidak harus dijauhi. Reptil juga bisa menjadi hewan peliharaan,” kata Arifin, kepada BANGSAONLINE.com, di sela-sela acara.

Dia mengatakan, kontes reptil sinergi Javanese ini sudah yang kedua kalinya. “Ada angin segar, mudah-mudahan ini makin hidup dan ramai pengunjung di anniversary selanjutnya,” ujarnya.

Turut hadir dalam kontes ini, Gery, Ecko Exopets Jawa Barat.  Menurutnya, kontes ini menjadi angin segar untuk menambah pengetahuan para komunitas pecinta reptil Indonesia, khususnya di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

“Ibarat musim kemarau, Gery itu penyejuk buat komunitas pecinta reptil. Kami bersyukur, bisa menghadirkan Gary dari Jawa Barat dan kota-kota lainya di Aula Baret Hitam, Yonkav 8 Tank ini,” tandas Arifin.

Adapun kriteria yang dilombakan ada empat kelas. Yaitu, 6 perveck, biges champion, 3 bes karakter, 3 minus unik. Setiap reptil dinilai dari bebas cacat, kesehatan, warna, kualitas, serta kebersihan dan berat badan.

"Yang terbaik termasuk kalau tidak dikatakan sehat pilek (flu), mata merem, gerakan minim, proposional, tidak terlalu gemuk tidak terlalu kurus, keunikan motif, dan ukuran," tegasnya.

Seperti yang dilakukan oleh Oktora, peserta asal Purwokerto Jawa tengah. Ia mengikutsertakan biawak peliharaannya pada kontes kali ini. 

“Ada beberapa hal yang dinilai, seperti kesehatannya, motif, karakter, dan anatomi badan reptil. Alhamdulilah, si Biawak ini pernah juara, mudah-mudahan pada kontes ini menang,” ujar Oktora sambil menunjukkan biawaknya kepada BANGSAONLINE.com. (maf/par/rev) 

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 30 Juli 2020 21:34 WIB
Oleh: KH. Agoes Ali Masyhuri*Kebijakan Mendikbud Nadiem Makarim yang menyerahkan dana hibah puluhan miliar rupiah kepada Tanoto dan Sampoerna Foundation membuat dua ormas besar Islam Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah kecewa dan mundur dari organi...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...