Kamis, 23 Januari 2020 01:00

Pawai Santri Nusantara di Sidoarjo, Santri Usung Ragam Kreativitas

Minggu, 20 Oktober 2019 19:14 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Mustain
Pawai Santri Nusantara di Sidoarjo, Santri Usung Ragam Kreativitas
RAKSASA: MWC NU Wonoayu membawa bendera merah putih panjang 517 meter saat Pawai Santri Nusantara, Ahad (20/10).

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Ribuan santri di Sidoarjo turun jalan mengikuti Pawai Santri Nusantara dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2019 yang digelar di Alun-alun Sidoarjo, Ahad (20/10).

Di sepanjang rute yang dilalui, peserta Pawai Santri Nusantara memamerkan kreativitasnya, mulai dari pemakaian kostum hingga menampilkan ikon yang menjadi ciri khas di kecamatannya. Para peserta ini berasal dari Majelis Wakil Cabang Nahdlatul ulama (MWC NU) se-Kabupaten Sidoarjo, terdiri dari badan otonom mulai dari GP Ansor, Muslimat, Fatayat, IPNU-IPPNU dan lembaga-lembaga di bawah PCNU, di antaranya Lazisnu.

Ikon yang khas ini misalnya MWC NU Waru yang membuat sandal raksasa karena di Desa Wedoro Kecamatan Waru dikenal sebagai kampung perajin sandal.

Sandal raksasa ini berukuran panjang 8 meter dan lebar 3 meter. Sedangkan ketebalan alas sandal bagian belakang 52 sentimeter dan bagian depan 32 sentimeter.

(JUMBO: MWC NU Waru menampilkan sandal raksasa saat Pawai Santri Nusantara, Ahad (20/10))

Selain itu, sejumlah MWC NU menampilkan program kemandirian ekonomi umat, misalnya MWC Wonoayu yang membuat gelas air kemasan dengan ukuran jumbo.

Sedangkan MWC NU Krian menampilkan keberadaan NUsantara Mart, sebuah usaha swalayan yang dikelola oleh MWC NU Krian.

Tak hanya soal kemandirian ekonomi, para santri yang terbagi dalam kafilah MWC NU tersebut juga berupaya untuk terus mengobarkan semangat mencintai NKRI. Misalnya MWC NU Wonoayu yang membawa bendera merah putih sepanjang 517 meter.

Sedangkan MWC NU Taman mengusung patung lambang negara, yakni burung Garuda berukuran besar yang dipajang di barisan depan rombongan MWC NU Taman.

Ada juga santri dari Pondok Pesantren Manba'ul Hikam Tanggulangin yang menampilkan ikon dengan membawa lambang Nahdlatul Ulama (NU), dengan desain berukuran besar.

(KREATIF: Santri Ponpes Manba'ul Hikam Tanggulangin membawa lambang NU berdesain unik saat Pawai Santri Nusantara, Ahad (20/10))

Pawai Santri Nusantara ini dilepas oleh Bupati Sidoarjo Saiful Ilah didampingi Wabup Nur Ahmad Syaifuddin, jajaran PCNU dan Forkopimda Sidoarjo.

"Kami mengajak para santri untuk terus peduli dan meningkatkan kualitas diri demi kemajuan NKRI," cetus Bupati Saiful.

Sementara itu, Ketua GP Ansor Sidoarjo Rizza Ali Faizin yang juga inisiator Pawai Santri Nusantara menyatakan pawai ini menampilkan beragam kreativitas para santri. Pawai diikuti sekitar 33.000 santri.

Selain itu, acara dalam rangka HSN 2019 ini juga bertepatan dengan pelantikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres RI KH. Ma'ruf Amin. "Dengan dilantiknya Kiai Ma'ruf Amin yang juga perwakilan dari santri, sekaligus jadi bukti santri bisa tampil menjadi pemimpin," tandas Rizza. (sta/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 20 Januari 2020 10:16 WIB
KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Lembah Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu tidak hanya menyimpan potensi wisata pemandian air panasnya yang sangat terkenal itu.Satu aset wisata terpendam Kota Batu yang belum tergali adal...
Senin, 13 Januari 2020 16:17 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanKHM Yusuf Hasyim wafat pada 14 Januari 2007. Putra Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy'ari itu selain dikenal sebagai tokoh NU dan komandan Laskar Hizbullah juga pengasuh Pesantren Tebuireng selama 41 tahun (1965-2006). Untuk mengenan...
Senin, 20 Januari 2020 14:29 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*79. Wamina allayli fatahajjad bihi naafilatan laka ‘asaa an yab’atsaka rabbuka maqaaman mahmuudaanDan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan...
Selasa, 21 Januari 2020 13:25 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...