​GenBI Jember Tanam 60 Bibit Terumbu Karang di Pasir Putih Situbondo

​GenBI Jember Tanam 60 Bibit Terumbu Karang di Pasir Putih Situbondo

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Komunitas Mahasiswa Generasi Bari Indonesia (GenBI) Jember melakukan penanaman terumbu karang di laut dangkal objek wisata Pasir Putih Situbondo, Kamis (17/10).

Selain itu, komunitas mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia ini juga melaksanakan workshop bersama masyarakat sekitar, perwakilan nelayan setempat, pedagang di area wisata Pasir Putih, dan Pokdarwis tentang cara mendaur ulang sampah plastik.

"Bersih Indonesia yang berada di Pasir Putih Situbondo dikemas dengan tiga serangkaian acara utama di dalamnya. Workshop tentang ecotourism guna menunjang wisata lokal agar dapat meningkatkan pengunjung," kata Muhammad Nurul Yakin, Dewan Ketua GenBI Jember.

Menurutnya, workshop tersebut juga sekaligus dilakukan sosialisasi tentang Pengelolaan Bank Sampah dan juga pembuatan ecobrick oleh GenBI Jember bersama masyarakat sekitar.

"Lalu dilanjutkan dengan Transplantasi Terumbu Karang, sekitar 60 benih terumbu karang yang dilakukan GenBI Jember di wisata Pasir Putih tersebut," lanjut Akin.

Selain itu, GenBI juga melakukan pemasangan Temporary Storage yang nantinya akan diserahkan kepada pihak pengelola Pasir Putih.

"Fokus Program Bersih Indonesia GenBI Jember kali ini memberikan penekanan pada peningkatan perilaku hidup sehat dan lingkungan bersih, pengembangan sistem pengelolaan sampah termasuk sarana dan prasarana pelayanan publik pada sektor wisata lokal," pungkasnya. (had/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO