​Jangan Khianati Sejarah, Cak Firman: Panglima Santri Indonesia Itu Gus Thoriq

​Jangan Khianati Sejarah, Cak Firman: Panglima Santri Indonesia Itu Gus Thoriq Firman Syah Ali (kanan) bersama Gus Thoriq Darwis bin Ziyad (kiri). foto: Istimewa/ BANGSAONLINE.com

SURABAYA, BANGSONLINE.com (HSN) jatuh pada 22 Oktober setiap tahunnya. Peringatan ini ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada 22 Oktober 2015 di Masjid Istiqlal Jakarta. Tanggal 22 Oktober merujuk pada satu peristiwa bersejarah, yakni seruan Hadratussyaikh KH. M Hasyim Asy'ari pada tanggal 22 Oktober 1945 yang disebut .

Seruan Hadratussyaikh ini berisikan perintah kepada umat Islam untuk berperang (jihad) melawan tentara Sekutu yang ingin menjajah kembali wilayah Republik Indonesia pasca-Proklamasi Kemerdekaan.

“Seruan perang suci pendiri Nahdlatul Ulama dan Pesantren Jombang itu kemudian disebut sebagai ,” kata Firman Syah Ali, tokoh muda kepada BANGSAONLINE.com, Kamis (17/10/2019).

Menurut Cak Firman, panggilan Firman Syah Ali, pertempuran 10 November 1945 merupakan obor, sedangkan korek apinya adalah yang setiap tahun diperingati sebagai . “Obor tak mungkin menyala tanpa korek api,” kata Cak Firman.

Aspek lain, kata Cak Firman, yang melatarbelakangi penetapan HSN ini adalah pengakuan resmi Negara Kesatuan Republik Indonesia atas peran besar umat Islam dalam berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan serta menjaga NKRI. “Ini sekaligus merevisi beberapa catatan sejarah nasional, terutama yang ditulis pada masa Orde Baru, yang hampir tidak pernah menyebut peran ulama dan kaum santri,” katanya.

Terkait HSN 2019, Cak Firman mengaku setuju dengan pernyataan Gus Thoriq bin Ziyad di BANGSAONLINE.com (15/10/2019).

"Saya sudah bertamu ke ndalem Gus Thoriq dan mendapatkan sejarah HSN langsung dari Gus Thoriq. Menurut saya sebaiknya gelar Panglima Santri disematkan kepada pahlawan aslinya saja, yaitu Gus Thoriq. Janganlah sekali-sekali mengkhianati sejarah," ujar Cak Firman.

Lihat juga video 'Gila NU dan Orang NU Gila, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (16)':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO