Rabu, 15 Juli 2020 07:50

Gelapkan Uang Nasabah, Sejumlah Warga Demo DPRD Minta Pimpinan Bank Jatim Pamekasan Diganti

Kamis, 17 Oktober 2019 00:20 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Yeyen
Gelapkan Uang Nasabah, Sejumlah Warga Demo DPRD Minta Pimpinan Bank Jatim Pamekasan Diganti
Segelintir warga yang kembali mendemo gedung DPRD Pamekasan.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Setelah sempat mengadakan audiensi, segelintir warga yang mengatasnamakan diri Aliansi Pemuda Peduli Rakyat (Alpart) kembali melakukan aksi demo ke DPRD Pamekasan. Seperti demo sebelumnya, tuntutan kali ini tetap, yakni pembenahan di tubuh Bank Jatim. Mereka menuding bank milik pemerintah itu melakukan penggelapan terhadap uang nasabah, Rabu (16/10/19).

Mereka menagih DPRD yang sebelumnya berjanji akan mempertemukan dengan pihak pimpinan Bank Jatim, kepala Badan Keuangan Daerah, dan seluruh pimpinan bank umum yang berada di Kabupaten Pamekasan.

Dalam orasinya, korlap aksi Basri menyebut DPRD Pamekasan "Carpak" (tidak tepat janji, hanya di mulut saja), dan tidak komitmen dalam menyelesaikan permasalahan di Bank Jatim.

Dalam aksinya, mereka juga meminta DPRD Pamekasan menekan Bupati Baddrut Tamam untuk mencabut kas daerah (Kasda) yang ada Bank Jatim. "Ada indikasi kongkalikong penggelapan dana desa (DD) yang terjadi di sejumlah desa di Kecamatan Galis dan Larangan. Parahnya, aksi pencucian uang negara itu ada keterlibatan oknum karyawan Bank Jatim Cabang Pamekasan," sebut Basri.

"Kami menilai Bank Jatim yang ada di Kabupaten Pamekasan mulai tidak sehat dengan beberapa temuan penggelapan dana yang terjadi di beberapa kecamatan, Galis dan Larangan. Selain itu juga terjadi pada masyarakat yang menerima bantuan bedah rumah," kata Basri.

Sementara itu, Anggraini, perwakilan dari Bank Jatim Cabang Pamekasan membenarkan adanya dugaan keterlibatan pihak bank dalam penggelapan dana desa di Kecamatan Galis dan Larangan. Namun demikian, pihaknya melalui Bank Jatim sudah melimpahkan persoalan tersebut ke pihak berwajib (Polres Pamekasan).

"Memang benar terkait isu oknum karyawan yang melakukan penggelapan dana itu, dan kami sudah melimpahkan persoalan itu ke pihak berwajib setempat," ujar Anggraini.

Sementara itu, Sahrul M, yang mewakili Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Pamekasan mengatakan, bahwa dirinya melalui institusinya sudah melakukan evaluasi terkait kinerja Bank Jatim. "Jadi, jika tidak ada perbaikan selama 3 bulan dari pihak Bank Jatim, maka kami akan menarik kas daerah, sesuai dengan kesepakatan dengan pihak Alpart," ungkap Sahrul.

Sedangkan Wakil Ketua DPRD Pamekasan Syafiuddin menegaskan, bahwa dirinya berkomitmen akan mengawal kasus tersebut hingga tuntas.

"Saya apresiasi penuh terhadap teman-teman aksi yang sudah berkomitmen dan tetap mengawal persoalan tersebut. Sedangkan terkait pemecatan terhadap pimpinan Bank Jatim, itu bukan ranah kami. Akan tetapi, kami akan mengawasi dan mengevaluasi terhadap kinerja Bank Jatim," pungkasnya. (yen/ian) 

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Jumat, 10 Juli 2020 21:04 WIB
Oleh: Ibnu Rusydi Sahara*“Sampean dari Surabaya?” Teman saya kerap menerima pertanyaan itu, manakala turun dari bus antarkota yang membawanya dari Surabaya di beberapa kota di Jawa Timur. Yang bertanya tukang ojek. Yang biasa mangkal di sep...
Senin, 13 Juli 2020 23:23 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 13 Juli 2020 22:40 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...