Rabu, 05 Agustus 2020 06:07

Dikenal Sakti Mandraguna, ​Mantan Rais Syuriah PCNU Bangil Tutup Usia

Rabu, 16 Oktober 2019 22:39 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Ahmad Fuad
Dikenal Sakti Mandraguna, ​Mantan Rais Syuriah PCNU Bangil Tutup Usia
Jenazah almarhum KH. Fuadi Sya'ban saat diusung secara bergantian menuju ke tempat peristirahatan terakhir.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kabar duka datang dari Pasuruan. Keluarga besar Mustasyar Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Bangil KH Fuadi Sya'ban, tutup usia. KH Fuadi Sya'ban merupakan mantan Rais Syuriah PCNU Bangil yang meliputi Kecamatan Beji, Bangil, Rembang, Gempol, Prigen dan Pandaan, masa bakti 2013-2018. 

"Beliau meninggal usia 68 tahun, meninggal di rumahnya dan sakitnya saya gak tahu, pokoknya saya dengar Kiai Fuadi meninggal, gitu aja," kata Ketua PCNU Bangil KH. M. Shobri kepada BANGSAONLINE.com usai Salat Jenazah di Masjid Jami' Bangil, Rabu (16/10).

Hanya saja, KH. Shobri mengungkapkan jika almarhum KH. Fuadi Sya'ban pernah mengidap sakit stroke dua tahun sebelumnya, dan kemudian sembuh hingga menjelang wafat.

KH. Shobri juga menjelaskan bahwa kemarin (Selasa, 15/10), Kiai Fuadi masih sempat ngobol bareng dengan Kiai Bangil. "Entah sakit apa saya belum tahu penyakitnya," jelas dia.

Menurut KH. Shobri, almarhum dikenal tokoh sakti mandraguna. Ia termasuk pendekar silat. "Bahkan beliau salah satu Banser pejuang melawan eks PKI di tahun 1965," tuturnya.

Ketua NU itu juga menjelaskan bahwa almarhum merupakan sosok kiai alim. Setiap ada perbedaan pendapat dalam bahtsul masail, almarhum mampu menyelesaikan dengan bijak.

Ribuan takziyah ikut mengantarkan ke peristirahatan terakhir, tepatnya di Desa Baujeng, Kec. Beji, Kab. Pasuruan. Sebelum diberangkatkan ke tempat peristirahatan terakhir, almarhum disalatkan di Masjid Jamik Bangil.

Adapun yang ikut mensalatkan adalah Wakil Bupati KH Mujib Imron, Ketua DPRD Kab. Pasuruan H. M. Sudiono Fauzan, Rais Syuriah PCNU Bangil KH Abdurrohim dan para tokoh lainnya. (afa/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 30 Juli 2020 21:34 WIB
Oleh: KH. Agoes Ali Masyhuri*Kebijakan Mendikbud Nadiem Makarim yang menyerahkan dana hibah puluhan miliar rupiah kepada Tanoto dan Sampoerna Foundation membuat dua ormas besar Islam Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah kecewa dan mundur dari organi...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...