Wisuda 339 Mahasiswa, UISI Buat Program Kuliah Magang Kerja Akselerasi

Wisuda 339 Mahasiswa, UISI Buat Program Kuliah Magang Kerja Akselerasi Rektor UISI memberikan penghargaan mahasiswa berprestasi. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) telah meluncurkan program Kuliah-Magang-Kerja atau Magang Bersetifikat setahun lalu. Program ini memberikan pengaruh positif terhadap penyerapan lulusan UISI di dunia kerja.

Tahun ini UISI meluluskan 339 wisudawan dari sepuluh program studi. Sebanyak 24 persen lulusan telah bekerja sebelum yudisum dan 77 persennya berasal dari peserta magang. Wisuda 339 lulusan UISI digelar di Wisma Djendral A.Yani pada Selasa (15/10).

Rektor UISI, Prof. Herman Sasongko menyatakan, wisuda kali ini adalah wisuda pertama UISI dengan lulusan dari 10 program studi, Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Syariah, Manajemen Rekayasa, Teknik Kimia, Teknik Logistik, Teknologi Industri Pertanian, Informatika, Sistem Informasi, dan Desain Komunikasi Visual.

" 24 persen lulusan UISI telah bekerja sebelum diyudisium," ujarnya.

Dijelaskannya, adanya program Kuliah-Magang-Kerja (KMK) turut mengakselerasi penyerapan lulusan di dunia kerja. Di mana 77 persen lulusan yang telah bekerja berasal dari program KMK.

Tiga tahun sebelumnya, UISI telah memiliki program mahasiswa karya, di mana mahasiswa di atas semester 5 magang di PT. Semen Indonesia selama satu semester.

Selanjutnya, UISI meluncurkan program KMK bekerja sama dengan puluhan partner industri, seperti Pembangkit Jawa Bali, PT. Sinergi Informatika Semen Indonesia, PT. Petrokimia Gresik, Bank Mandiri, Bank BTN, Pegadaian, PT. AJG Petrokimia Gresik Group, BPJS Kesehatan, dan sebagainya. 

"Mahasiwa di atas semester 5 bisa mengikuti program magang bersertifikat ini selama 6 bulan penuh. Tidak seperti program magang wajib 2 SKS, di sini mahasiswa akan belajar langsung layaknya karyawan dan akan memperoleh uang saku," jlentrehnya.

Sementara rincian jurusan lulusan UISI 2019 adalah, Manajemen: 72 wisudawan, Akuntansi: 38 wisudawan, Ekonomi Syariah: 28 wisudawan, Manajemen Rekayasa: 42 wisudawan, Teknik Kimia: 40 wisudawan, Teknik Logistik: 44 wisudawan, Teknologi Industri Pertanian: 11 wisudawan, Sistem Informasi: 22 wisudawan, Informatika: 32 wisudawan, dan Desain Komunikasi Visual: 10 wisudawan. (hud/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO