Ziarah Ke Makam Gubernur Jatim Pertama, Khofifah Santuni Anak Yatim dan Ahli Waris

Ziarah Ke Makam Gubernur Jatim Pertama, Khofifah Santuni Anak Yatim dan Ahli Waris Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa tampak khusuk saat ziarah ke makam Gubernur Jawa Timur pertama, Tumenggung Arjo Soerjo di Sawahan, Desa Kepalrejo, Magetan Jawa Timur. foto: Istimewa/ BANGSAONLINE.com

MAGETAN, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur, Indar Parawansa ber ke makam Gubernur Pertama Jawa Timur Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo di Kelurahan Kepolorejo, Kecamatan Magetan, Kabupaten Magetan, Jum'at (11/10/). Saat , sempat meneteskan air mata karena terharu mengingat sejarah Ario Soerjo.

Seperti tertulis dalam sejarah, Ario Soerjo wafat dibunuh PKI secara kejam saat perjalanan dari Yogyakarta menuju Madiun. Dia bermaksud menghadiri 40 hari meninggalnya adiknya yang dibunuh PKI. Namun dalam perjalanan itu gerombolan PKI membunuh Ario Soerjo di dalam hutan. Penduduk menemukan mayatnya empat hari kemudian di Kali Kakah, Dukuh Ngandu, Desa Bangunrejo, Kedunggalar, Ngawi Jawa Timur. Ia kemudian dimakamkan di Sawahan, Desa Kepalrejo, Magetan Jawa Timur.

(Gubernur menabur bunga di pusara Gubernur Soerjo. foto: istimewa/ BANGSAONLINE.com)

Gubernur Pertama Jawa Timur yang akrab disapa Gubernur Soerjo tersebut menjabat sebagai Gubernur pada rentang periode tahun 1945 - 1948. Sebelumnya, dia menjabat bupati di Magetan dari tahun 1938 hingga tahun 1943.

datang sekitar pukul 09.00 ditemani Bupati Magetan dan sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Provinsi Jawa Timur. Setibanya di kompleks makam, upacara digelar dengan diawali pembacaan sejarah singkat Gubernur Soerjo.

Selanjutnya, memimpin prosesi mengheningkan cipta dan peletakan karangan bunga di pusara makam Gubernur Soerjo dan ditutup dengan pembacaan doa dan tabur bunga yang diikuti seluruh tamu undangan. Seusai upacara, memberikan santunan kepada anak yatim dan bingkisan kepada para ahli waris.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO