​Datang Disambut Rektor, Pulang Menristekdikti Didemo Mahasiswa Unej

​Datang Disambut Rektor, Pulang Menristekdikti Didemo Mahasiswa Unej Menristekdikti M Nasir sedang memberikan keterangan persnya.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir memenuhi undangan dari Universitas Jember () untuk memberikan sambutan dalam acara soft launching gedung integrated laboratory, Jember, Jawa Timur, Kamis (10/10/2019).

Saat datang, Menristekdikti disambut langsung oleh Rektor Moh. Hasan. Namun saat pulang, malah dilepas teriakan protes sejumlah aktivis mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) .

Dalam teriakan protes itu, sejumlah mahasiswa menyampaikan penolakan tindakan represif Menristekdikti dan mengeluarkan dua tuntutan.

"Pertama, mencabut pernyataan Menristekdikti terkait ancaman kepada rektor yang menyuruh dan membiarkan mahasiswa melakukan aksi turun jalan. Kedua, mendesak Menristekdikti menindaklanjuti jatuhnya korban pada aksi turun jalan," ujar Wakil Presiden BEM Muhammad Rizal usai melakukan aksi protesnya di depan menteri.

Ia mengungkapkan, aksi protes yang dilakukannya itu, sebelumnya setelah diketahui ada birokrat kampus yang meminta agar tak ada aksi unjuk rasa dengan alasan menjaga kondusivitas.

"Kami mau melakukan aksi. Kami diredam dengan disediakan audiensi. Tapi audiensinya tidak ada proses dialektika. Tidak ada kesepakatan dan tidak ada output bagi kami,” jelasnya.

Menurutnya, aksi penyampaian pendapat di depan menteri terkesan dikondisikan. “Kami digembosi banyak kali sampai tidak dibolehkan, hanya dikasih waktu 10 menit,” kata Presiden Mahasiswa Ahmad Fairuz Abadi ikut menambahkan.

Mahasiswa akhirnya sepakat bertemu dan berdialog dengan Nasir, setelah acara seremonial selesai. Namun kekecewaan mahasiswa yang dirasakan. Karena Nasir menolak menandatangani dukungan terhadap dua tuntutan sebagaimana diinginkan mahasiswa.

Lihat juga video 'Aksi Demo Mahasiswa Dibubarkan Dosen':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO