​852 Cakades di Pasuruan Ikuti Tahap Pemotretan dan Pengambilan Nomor Ujian

​852 Cakades di Pasuruan Ikuti Tahap Pemotretan dan Pengambilan Nomor Ujian Salah satu cakades saat pengambilan nomor ujian.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 852 calon kepala desa (cakades) se-Kabupaten Pasuruan yang lolos seleksi pemilihan di tingkat desa mulai hari ini (Rabu, 9/10), mengikuti tahapan pemotretan dan pengambilan nomor ujian di GOR Sasana Kridha Anoraga di Kompleks Perkantoran Raci.

Pemotretan dan pengambilan nomor ujian ini dibagi dua sesi, yakni gelombang I dan gelombang II, agar pelaksanaan bisa berjalan dengan tertib.

Plt. Kepala DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa) Kabupaten Pasuruan Tri Agus Budiato menjelaskan bahwa para calon kepala desa yang mengikuti tahapan pemotretan dan pengambilan nomor ujian merupakan calon yang sudah lolos seleksi di tingkat panitia desa. Untuk pengambilan sendiri tidak bisa diwakilkan, yang bersangkutan harus datang sendiri sambil membawa kartu identitas yang ditujukkan kepada petugas pemotretan.

“Hampir semuanya datang mas. Kalau misalkan ada calon kepala desa tidak datang dalam tahapan ini, secara otomatis tidak bisa mengikuti ujian tulis yang akan dilaksanakan pada Jumat (11/10) lusa,“ jelasnya.

Ia menambahkan, untuk jumlah peserta/warga yang mencalonkan diri sebagai calon kepala desa memang tidak semua lulus tahap penjaringan di tingkat desa, karena ada yang tidak memenuhi persyaratan administrasi. Dari data yang ada, untuk yang tak lolos administrasi 8 orang dan yang mengundurkan diri 3 orang.

Untuk menghindari joki atau percaloan dalam tahapan pemotretan maupun pengambilan nomor ujian ini, maka pihak DPMD bekerja sama dengan perguruan tinggi yakni Universitas Brawijaya (UB) Malang.

"Supaya tahapan-tahapan Pillkades nanti bisa berjalan dengan sukses dan transparan, maka kami terus melakukan evaluasi secara ketat," pungkasnya. (bib/par/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dua Rumah Panitia Pilkades Dibondet Orang Tak Dikenal':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO