Selasa, 22 September 2020 18:28

Maju Pilkades, Kapolsek Lodoyo Timur Blitar Kantongi Izin dari Kapolda Jatim

Rabu, 09 Oktober 2019 15:11 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Akina Nur Alana
Maju Pilkades, Kapolsek Lodoyo Timur Blitar Kantongi Izin dari Kapolda Jatim
Kabag Ops Polres Blitar Kompol Kompol Wachid Arifaini.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - AKP Sukadi Kapolsek Lodoyo Timur, Kabupaten Blitar, mencalonkan diri sebagai kepala desa. Sukadi maju dalam Pilkades Desa Bacem, Kecamatan Sutojayan, pada Pilkades serentak Kabupaten Blitar 15 Oktober mendatang.

Majunya AKP Sukadi sebagai salah satu kontestan Pilkades ini dibenarkan Polres Blitar. Kabag Ops Polres Blitar Kompol Wachid Arifaini mengatakan, AKP Sukadi bahkan telah mendapatkan restu dari Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan.

"Benar, jadi ada satu anggota Polres Blitar yang masih aktif dan menjabat sebagai Kapolsek Lodoyo Timur yang mencalonkan diri sebagai kepala desa. Beliau sudah mendapatkan izin dari bapak Kapolda dan diperbolehkan (maju Pilkades)," ungkap Arifaini, Rabu (9/10/2019).

Kompol Wachid Arifaini menambahkan, meskipun maju Pilkades, sesuai aturan AKP Sukadi tidak harus mundur sebagai anggota Polri. AKP Sukadi hanya mendapatkan cuti pada saat hari H pemungutan suara.

Jika terpilih, AKP Sukadi harus menyerahkan jabatannya sebagai kapolsek ke kapolres untuk dicarikan penggantinya. Namun apabila tidak terpilih, maka yang bersangkutan akan kembali melaksanakan tugasnya sebagai kapolsek.

"Kalau terpilih otomatis sebelum pelantikan sebagai kades terpilih harus menyerahkan tugasnya sebagai kapolsek ke kapolres untuk dicarikan pengganti. Namun kalau tidak terpilih AKP Sukadi tetap akan kembali menjalankan tugasnya sebagai anggota Polri," jelasnya.

Meski ada anggota Polres Blitar yang mencalonkan diri sebagai kades, Arifaini menjamin kepolisian tetap bersikap netral. Ia juga menginstruksikan jajarannya agar menjaga netralitas dan kondusivitas selama tahapan pilkades berlangsung.

Tahun ini sebanyak 167 desa di Kabupaten Blitar akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Pilkades serentak ini akan dilaksanakan pada 15 Oktober 2019 mendatang. (ina/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...