​Emil Tekankan Pentingnya Edukasi Bagi Para Pemberi dan Penerima Informasi

​Emil Tekankan Pentingnya Edukasi Bagi Para Pemberi dan Penerima Informasi Wagub Jatim saat menjadi pembicara pada acara Siberkreasi Netizen Fair 2019 di The Kasablanka Hall, Kota Kasablanka Mall, Jakarta. foto: ist

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Di era keterbukaan informasi, masyarakat bisa dengan sangat mudah memberi informasi dan menerima informasi lewat berbagai platform baik media sosial ataupun media daring.

Untuk itu, Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak selaku bagian dari pemerintah menekankan pentingnya edukasi bagi para pemberi maupun penerima informasi.

“Saat ini eranya orang tidak hanya sekedar download tapi juga upload sebuah infromasi. Karenanya, adalah tanggung jawab kita sebagai pemerintah untuk mendidik masyarakat. Di mana, ada konsekuensi yang bisa diterima saat memberi atau menerima informasi,” urai Emil sapaan lekat saat menjadi pembicara pada acara Siberkreasi Netizen Fair 2019 di The Kasablanka Hall, Kota Kasablanka Mall, Jakarta, Sabtu (5/10) sore.

Menurut Emil, sebenarnya tidak ada alasan melarang orang untuk menyebarkan informasi, selama informasi ini bukanlah hoax. Namun demikian, jika informasi tersebut sudah dibumbui dan diamplifikasi dengan ajakan kebencian maka inilah yang mesti dicegah.

Dirinya mencontohkan, misalnya ada sebuah konten video yang sebenarnya sudah lama namun diupload ulang dengan ditambahi bumbu-bumbu kebencian. “Hal ini merupakan tanggung jawab kita bersama sebagai warga negara untuk mencegah penyebarluasan konten informasi tersebut. Yang perlu kita ingat, saat ini pepatahnya bukan lagi mulutmu harimaumu, namun jarimu harimaumu. Oleh sebab itu, sekali lagi saya tegaskan segala sesuatu yang kita sebarluaskan akan mudah dilacak dan terdapat konsekuensi juga dibaliknya,” tegas mantan bupati Trenggalek ini.

Lebih lanjut disampaikan, pihaknya sangat mendukung adanya kritikan atau dukungan dari masyarakat terhadap sebuah kebijakan. Akan tetapi, berbagai kritikan tersebut sebelumnya harus didahului dengan pemikiran dan penelitian yang dalam.

“Namanya juga era demokrasi, semua bebas mengeluarkan pendapat maupun mengkritik kebijakan yang ada. Tapi seharusnya hal ini harus sudah dilandasi dengan pemikiran yang dalam, karena jika belum justru tidak akan menambah kualitas demokrasi,” terangnya.

Terkait pemanfaatan media sosial, suami Arumi Bachsin ini mengaku juga aktif menggunakan media sosial untuk berbagi informasi kepada masyarakat. Menurutnya, ada beberapa metode penyampaian yang berbeda pada beberapa media sosial.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO