Senin, 21 Oktober 2019 00:39

Tari Mandailing Jadi Daya Tarik Sail Indonesia to Bawean 2019

Minggu, 06 Oktober 2019 13:56 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Tari Mandailing Jadi Daya Tarik Sail Indonesia to Bawean 2019
Wabup Moh. Qosim bersama para turis menari Mandailing. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Masyarakat pulau Bawean menyuguhkan tarian Mandailing untuk menyambut para wisatawan asing yang berkunjung di event Sail Indonesia to Bawean, 3-6 Oktober di Pulau Bawean yang dipusatkan di area Pantai Mombhul-Bawean.

Tari Mandailing merupakan tarian tradisional khas Bawean yang disajikan untuk menyambut para tamu istimewa yang berkunjung ke Bawean. Dengan penari yang cantik-cantik, tarian disuguhkan dengan gerakan harmonis dipadu dengan musik.

Setelah alunan musik mulai ditabuh, penari memasuki lapangan untuk perform. Tarian seakan menghipnotis para turis. Tak hanya menikmati tarian, mereka juga tampak berfoto bersama para penari.

Bahkan, tak sedikit dari mereka juga ikut bergabung untuk menari bersama Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim.

Event ini juga dihadiri perwakilan dari Kemenko Maritim, Kementerian Pariwisata, dan hadir pula Putri Pariwisata Indonesia 2019 Clarita Mawarni Salim memeriahkan Sail To Indonesia 2019.

Pada tahun 2019 ini, pulau yang berjuluk Pulau Putri itu kembali menjadi salah satu dari 14 destinasi pada event Sail To Indonesia 2019, setelah tahun 2018 lalu dinilai sukses menyekenggarakan event yang sama.

Wabup menjelaskan, event Sail Indonesia to Bawean bergengsi. Sebab, melalui event ini Bawean menjadi salah satu daerah dengan destinasi wisata yang bakal dikenal di kancah Internasional lantaran menjadi jujukan yacht (perahu pesiar) dari berbagai penjuru negara.

"Kami komitmen memperkenalkan kearifan lokal Bawean, yakni berbagai kebudayaan dan kesenian khas Bawean. Momentum ini juga sebagai salah satu upaya untuk mengenalkan destinasi wisata alam laut kepada para turis, baik domestik maupun asing," katanya.

Wabup berterima kasih kepada seluruh masyarakat Gresik, terutama masyarakat Bawean atas partisipasi dan dedikasi atas terselenggaranya event Sail To Indonesia 2019 ini. "Kami berharap, event ini akan terus terlaksana tiap tahun. Selain pengenalan potensi wisata, juga nantinya bakal meningkatkan ekonomi bagi masyarakat sekitar agar semakin sejahtera," harapnya

Asisten Deputi Bidang Olahraga, Seni, dan Budaya Maritim Kementerian Koordinator Kemaritiman, Kosmas Harefa mengungkapkan, pemerintah pusat mendukung sepenuhnya atas pengembangan potensi wisata di Bawean. Salah satunya, terpilihnya kembali Pulau Bawean menjadi salah satu destinasi pada event Sail To Indonesia tahun 2019 ini.

"Apabila Bawean ingin mendorong pengembangan potensi destinasi pariwisata, maka harus mengikuti formulasi yang ditetapkan oleh pemerintah. Sebab, pemerintah mempunya formulasi untuk mengembangkan daerah. Ada Badan Otorita Pariwisata dan juga Kawasan Ekonomi Khusus. Tinggal pilih yang mana. Artinya, segala regulasi dikembalikan ke daerah, sebab segala usulan berasal dari daerah yang bersangkutan," ungkapnya.

"Untuk mewujudkan itu, semua harus melalui visibility dan juga study kelayakan. Sehingga dapat terealisasi dengan baik dan sesuai dengan apa yang diharapkan," pungkasnya. (hud/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...