​Peringati Kesaktian Pancasila, Bupati Tegaskan Tak Ada Embrio PKI di Madiun

​Peringati Kesaktian Pancasila, Bupati Tegaskan Tak Ada Embrio PKI di Madiun Bupati Madiun Ahmad Dawami bersama Forkopimda berfoto dengan latar belakang Monumen Kresek.

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Pelajar dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten mengikuti upacara bendera memperingati hari Kesaktian Pancasila di Monumen Kresek, Selasa (1/10) pagi.

Monumen Kresek, yang berada di Kecamatan Wungu, Kabupaten , merupakan monumen yang dibangun sebagai pengingat peristiwa keganasan pada 1948 di .

Usai upacara, Bupati Ahmad Dawami menuturkan pada 1948 para pimpinan yang ada di mendeklarasikan Republik Soviet Indonesia dan dijadikan pusat pemerintahan.

"Dimulai pada 18 September 1948 dideklarasikan Republik Soviet Indonesia oleh di , di mana presiden dijabat Muso, Amir Syarifudin sebagai perdana menteri," kata Ahmad Dawami.

Pada saat itu, menguasai instansi pemerintahan di dan sekitarnya. hanya menjadi pusat aksi dan menjadi tempat deklarasi.

Namun, penguasaan di tidak berlangsung lama. Pasukan Siliwangi dibantu masyarakat berhasil menumpas di pada 30 September 1948 dan berhasil merebut kembali .

Pada saat peristiwa itu terjadi, di lokasi Monumen Kresek juga dijadikan tempat pembantaian para pejabat pemerintahan, polisi dan juga tokoh Islam. Namun, upaya kudeta kembali terulang pada tahun 1965 dengan gerakan 30 September atau yang dikenal G30S/.

Pada saat itu, enam perwira tinggi dan satu perwira menengah TNI Angkatan Darat Indonesia beserta beberapa orang lainnya dibunuh.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO