​Peringati Hari Rabies, Puluhan Kucing Jantan di Kota Blitar Dikebiri

​Peringati Hari Rabies, Puluhan Kucing Jantan di Kota Blitar Dikebiri Petugas Dinkes Kota Blitar saat melakukan proses kebiri.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Puluhan jantan lokal dikebiri petugas Bidang Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian , Senin (30/9/2019). Kebiri jantan lokal itu dilakukan untuk memperingati Hari Rabies Dunia.

Kabid Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian , Dewi Masitoh mengatakan kebiri atau kastrasi ini bertujuan mengendalikan populasi di yang saat ini jumlahnya cukup banyak. Tercatat ada sebanyak 1.000 lebih populasi di .

"Jumlah itu sudah termasuk yang dipelihara maupun yang liar," ungkap Dewi.

Usai melakukan kebiri, diharapkan polulasi di terkendali. Sehingga bisa meminimalisir tingkat penularan rabies. Karena selain dari gigitan anjing, penularan rabies juga bisa melalui gigitan .

"Setelah dikebiri, akan lebih sehat dan gemuk. Selain itu juga akan lebih jinak," imbuhnya.

Sementara Nesillia, salah satu pemilik yang dikebiri mengaku senang dengan adanya program kastrasi gratis untuk . Apalagi, Nesillia memiliki sebanyak sembilan ekor . Baik ras maupun lokal.

"Kalau kastrasi sendiri biaya ya lumayan mahal sampai sekitar Rp 400.000. Kalau ikut program ini gratis," kata Nesillia. (ina/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO