Bangun Bedengan di Coban Putri, mBolanger’s Teken MoU dengan LMDH

Bangun Bedengan di Coban Putri, mBolanger’s Teken MoU dengan LMDH Para aktivis mBolanger's saat foto bersama.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Aktivis Lingkungan Hidup (LH) yang tergabung dalam mBolanger’s Malang Raya menandatangani MoU dengan Lembaga Masyarakat Daerah Hutan (LMDH) Malang Raya berupa pembuatan bedengan atau persemaian di Coban Putri di Kota Batu yang diperkirakan mempunyai lahan hutan seluas 12 ribu hektare. Penandatanganan ini diwakili oleh Mahmud Rifangi Ketua mBolanger’s, sedangkan dari LMDH diwakili Suwardi, Sabtu (21/9) malam.

Melalui MoU ini, Mahmud mengatakan nantinya lahan di Coban Putri akan dijadikan sebagai tempat pendidikan atau edukasi, khususnya bagi anak-anak TK.

“Dan Hutan Coban Putri ini diprogram sebagai salah satu destinasi wisata edukasi. Karena di Coban Putri ini terdapat lahan tidur yang sangat luas, bahkan saat ini terbengkalai. Oleh karenanya, kami bersama LMDH sepakat untuk membangunkan kembali lahan tersebut menjadi hutan wisata ramah anak. Mulai jalan masuknya dan kondisi hutannya pun bisa dipakai untuk camping dengan keluarga dan gratis. Akan tetapi untuk awal ini kita akan mulai dari satu petak dulu dengan pola menggandeng masyarakat sekitar. Dan, target kita selama 1 tahun hutang tersebut sudah jadi dengan konsep pendidikan,” ujarnya.

Lebih jauh, Mahmud mengungkapkan bahwa pihaknya juga telah diberi sinyal lampu kuning dari pihak Perhutani untuk menjadi pilot projek dalam pengelolaan lahan bersama masyarakat sekitar untuk tahun 2020 mendatang. “Anggarannya bersumber dari anggaran Pemerintah,” imbuhnya.

Sekadar diketahui, mBolanger’s saat ini memiliki 84 anggota aktif. “Semenjak mBolanger’s berdiri sampai sekarang, setiap kegiatan yang berhubungan dengan konservasi lingkungan hidup, kami tidak pernah mendapat dukungan dari pihak pemerintah manapun. Justru gerakan kami ini mendapat respons positif dari pihak aktivis LH lainnya, swasta, berbagai perguruan tinggi, bahkan aktivis LH dari luar negeri,” tuturnya.

Adapun gerakan mBolangers selama ini berhubungan dengan pelestarian demi keberlangsungan lingkungan hidup. Kegiatan yang selama ini dilakukan antara lain, pembersihan sungai, penanaman pohon/reboisasi, membangunkan lahan tidur, membuat persemaian, dll. (thu/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO