Jumat, 18 Oktober 2019 16:49

Butuh Figur Luar Biasa, FomDem Dorong Baddrut Tamam Maju Pilwali Surabaya

Sabtu, 21 September 2019 11:00 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: M Didi Rosadi
Butuh Figur Luar Biasa, FomDem Dorong Baddrut Tamam Maju Pilwali Surabaya
Baddrut Tamam, S.Psi, Bupati Pamekasan. foto: istimewa.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bursa kandidat calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya 2020 semakin semarak. Hal itu seiring dengan dibukanya pendaftaran calon kepala daerah oleh PDI Perjuangan. Khusus Kota Surabaya, ada 18 pendaftar yang sedang menjalani proses penjaringan.

Namun, 18 kandidat calon kepala daerah di Surabaya itu mayoritas dinilai masih tergolong biasa saja. Padahal mereka nantinya akan meneruskan tongkat estafet dari incumbent wali kota Surabaya, Tri Rismaharini yang mempunya prestasi luar biasa.

"Saya melihat kandidat yang sudah muncul saat ini masih tergolong biasa. Padahal butuh figur yang luar biasa untuk menggantikan Bu Risma," tutur Direktur Eksekutif Forum Muda Demokrasi (FomDem), Rusmanhadi, Jumat (20/9) malam.

Rusman mengungkapkan Surabaya butuh figur pemimpin luar biasa untuk memimpin kota dengan 3 juta penduduk itu. Alasannya, Surabaya bukan sekedar ibu kota provinsi Jawa Timur tapi juga gerbang Indonesia Timur.

Karena itu, lanjut Rusman, tak cukup modal cerdas, pengalaman, dan popularitas untuk memimpin Kota Surabaya. Butuh figur dengan kepemimpinan yang kuat yang mampu berpikir out of the box.

"Surabaya butuh figur yang luar biasa, visioner, dan berpikir out of the box," tandasnya.

Rusman menilai sosok Abdullah Azwar Anas (AAA), Bupati Banyuwangi adalah figur yang mendekati sosok ideal sebagai suksesor Tri Rismaharini. Namun ia terbentur regulasi untuk bisa maju sebagai calon wali kota Surabaya.

Di luar AAA, FomDem punya tokoh alternatif. Sosok itu adalah politikus PKB Baddrut Tamam yang saat ini menjabat sebagai Bupati Pamekasan. Rusman menilai Baddrut Tamam tak hanya sukses menggali potensi Pamekasan, tapi pejabat yang akrab disapa Ra Baddrut itu berhasil mem-branding Kabupaten Pamekasan dengan program-program yang visioner.

"Kami menilai Baddrut Tamam layak menjadi Wali Kota Surabaya. Karena itu kami mendorong beliau maju sebagai calon wali kota Surabaya. Tinggal beliau berani atau tidak, mundur sebagai Bupati untuk maju dalam pilwali Surabaya," tantang kader muda NU tersebut.

Saat dikonfirmasi, Baddrut Tamam mengaku belum terpikir maju di Pilwali Surabaya. Apalagi ia baru setahun menjalankan tugas sebagai Bupati Pamekasan. Namun Ketua Bidang Hubungan Internasional Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) ini tak membantah adanya kemungkinan maju di Pilwali Surabaya 2020.

"Prinsipnya kalau untuk NKRI saya siap," tegas cucu tokoh NU Madura, KH. Jufri Marzuki itu.(mdr/ns)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...