Senin, 21 Oktober 2019 00:32

Kocak, Dijuluki Anggota DPR Paling Sering Bolos, Inilah Tangkisan Fuad Amin

Kamis, 19 September 2019 10:19 WIB
Editor: Tim
Kocak, Dijuluki Anggota DPR Paling Sering Bolos, Inilah Tangkisan Fuad Amin
Nico Ainul Yakin. Foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Nico Ainul Yakin, mantan ketua PKC PMII Jawa Timur, pernah menjadi orang dekat RKH Fuad Amin. Ia sering dipanggil ke Pondopo Bangkalan Madura saat Ra Fuad - panggilan RKH Fuad Amin - jadi bupati. Bahkan Nico inilah yang pernah menulis buku tentang Syaikhona Kholil Bangkalan tapi diatasnamakan Fuad Amin.

Nico yang kini jadi pengurus Nasdem Jawa Timur itu menulis kenangannya secara bersambung tentang Ra Fuad yang kocak. Inilah lanjutan tulisannya untuk pembaca BANGSAONLINE:

Setiap tahun wartawan merilis tingkat kehadiran anggota DPR-RI dalam kegiatan dewan di Senayan Jakarta. Mereka yang sering bolos itu hanya datang saat Sidang Paripurna dan ketika gajian saja.

Jumlah anggota DPR bolos itu banyak sekali. Salah satunya Ra Fuad, yang saat itu menjadi anggota DPR-RI periode 1999-2004 mewakili dapil Jatim. Sebelum jadi bupati Bangkalan, Ra Fuad memang jadi anggota DPR RI dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mewakil Jawa Timur saat itu. Ia juga pernah menjabat Ketua Dewan Syuro DPW PKB Jatim sebelum akhirnya pindah ke Gerindra.

Nah, saat rapat Pengurus PKB Jatim, Ra Fuad mengawali sambutannya selaku Ketua Dewan Syuro PKB. Dia bercerita perihal dirinya yang disebut media sebagai anggota DPR-RI paling sering bolos.

Tak terima dengan julukan "Anggota Dewan Pembolos," Ra Fuad menangkis dengan beragam argumentasi.

"Saya ini bukan orang seperti kebanyakan anggota dewan, yang tidak keluar uang, keringat, waktu dan tenaga, tiba-tiba masuk Senayan," kata Ra Fuad mengawali sambutannya.

"Salah satu pendiri PKB itu saya. Gus Dur perintahkan saya keliling seluruh Indonesia untuk mendirikan PKB," kenang Ra Fuad.

Peserta rapat serius mendengarkan sambutan Ra Fuad. Tak satupun dari mereka yang berisik.

"Ketika kampanye, saya ditunjuk sebagai Jurkam Nasional yang bertugas mengajak masyarakat di Indonesia untuk milih PKB," tegasnya bersemangat.

"Ibarat petani, saya ini sudah bekerja sejak awal. Mulai dari menyiapkan lahan, pembibitan, perawatan, sampai masa panen, saya kerjakan semua," jelasnya.

Jadi, kalau saya datang ke kantor dewan sesekali di Paripurna dan ketika menerima gaji, wajar kan?," kata Ra Fuad disambut tawa peserta rapat.

"Masa disuruh kerja terus, kapan panennya...?," kata Ra Fuad mengakhiri sambutannya.

Peserta rapat makin menjadi-jadi tertawanya.....

Selamat Jalan Kiai. Tuhan bersamamu.

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...