​Dorong ASN Tingkatkan Kinerja, Pemkab Malang Lakukan Ini

​Dorong ASN Tingkatkan Kinerja, Pemkab Malang Lakukan Ini Sekdakab Malang saat memimpin rapat terbatas para kepala OPD.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Sekretaris Daerah Kabupaten Malang Ir. Didik Budi Muljono. M.T. menyebut Pemkab Malang saat ini terus mendorong seluruh ASN untuk meningkatkan kinerjanya. Dengan cara memberdayakan semua program pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Malang.

"Semua instansi di lingkungan Pemkab Malang terus kita dorong untuk berinovasi dengan memangkas beberapa birokrasi yang berbelit serta menunjukan akuntabilitas kinerja sehingga dapat meningkat. Apalagi 10 tahun terakhir Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) selalu memberikan penilaian dan evaluasi terhadap kinerja program tahapan sinergitas pembangunan di seluruh daerah di Indonesia,” kata Didik saat menerima tim penilai evaluasi Sakip RB di Peringgitan Pendopo Kabupaten Malang, Senin (16/9).

Meski demikian, lanjut Didik, Pemkab Malang telah melakukan perubahan dan penguatan terhadap kinerjanya yang telah disesuaikan dengan visi dan misi Kabupaten Malang yaitu Madeb Manteb Manetep, ditambah dengan perencanaan yang terarah dan tepat sasaran.

Hal ini ditambah dengan sistem E-Planning dan E-budgeting untuk mempertegas sasaran yang dicapai dan disesuaikan dengan tiga sasaran strategis umum seperti yang tertuang dalam Rencana Pembagunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Malang yaitu Penurunan Angka Kemiskinan, Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Peningkatan Kepariwisataan.

"E-Planning dan E-Budgeting sudah berjalan dengan baik terarah dan tepat sasaran, artinya semua program yang kita rencanakan saat ini sudah berjalan dengan baik, semua program yang sudah tersusun di perencanaan sudah kita kunci artinya tidak ada lagi perubahan terhadap rencana kerja yang sudah kita jalankan,” bebernya.

Dari hasil evaluasi dan beberapa masukan yang diberikan tim penilai Sakip RB ini, Pemkab Malang terbukti telah berhasil melakukan perampingan instansi yang disesuaikan dengan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi), sedangkan dari sisi akuntabilitas, Pemkab Malang, telah berhasil melakukan efisiensi anggaran sebesar Rp 90 miliar di tahun 2019 yang berasal dari sektor pariwisata dan Pekerjaan Umum. “Ini hasil dari evaluasi di tahun 2018,” ujarnya lagi.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO