​Niat Ibadah dan Atasi Problem Kali Lamong, Pengusaha Walet Sidayu Daftar Bacabup Lewat PDIP

​Niat Ibadah dan Atasi Problem Kali Lamong, Pengusaha Walet Sidayu Daftar Bacabup Lewat PDIP Ahmad Effendiy Daftar Noor (47) saat menyerahkan formulir pendaftaran bacabup di PDIP Gresik, Jalan Jaksa Agung Suprapto, Minggu (15/9). foto: bangsaonline.com/ syuhud

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pengusaha sarang burung walet Ahmad Effendiy Daftar Noor (47) menyerahkan formulir pendaftaran bacabup di PDIP Gresik, Jalan Jaksa Agung Suprapto, Gresik, Minggu (15/9).

Datang menggunakan mobil Jeep Wrangler Nopol S 9 HK, pengusaha asal Jalan Raya Sidayu Kecamatan Sidayu itu datang ditemani sejumlah koleganya. Dia langsung diterima oleh Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPC PDIP Mustofa.

Effendy menyatakan, dirinya maju bacabup lewat PDIP sebagai ikhtiar untuk ibadah dan membangun Kabupaten Gresik menuju masyarakat sejahtera. "Motiviasi saya maju cabup juga ingin memberi kesempatan generasi muda agar lebih baik dalam berusaha seperti Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)," katanya.

Selain itu, Effendy mengaku latar belakang dirinya maju sebagai bacabup karena ingin menyelesaikan problematika banjir luapan Kali Lamong. "Problem Kali Lamong harus dituntaskan seperti menuntaskan luapan Bengawan Solo dengan membangun Bendung Gerak Sembayat (BGS), waduk atau embung. Keberadaan penampungan air itu juga bisa dimanfaatkan pertanian di musim kemarau," jelasnya.

Sejauh ini, Effendi mengaku belum bisa komentar banyak soal penangan Kali Lamong. "Saya belum tahu riset Kali Lamong. Kalau belum tahu riset, maka belum bisa dicari tahu penyebab dan penanganannya," katanya.

Dia juga menyatakan akan konsen dalam menangani pengangguran yang jumlahnya tinggi dengan memanfaatkan keberadaan industri. "Soal pengangguran akan melibatkan perusahaan. Minimal 50 persen tenaga kerja harus putra daerah. Masyarakat kita jangan menjadi penonton. Kita harus menikamati, konten lokal kita prioritaskan," jelasnya.

Effendy mengklaim telah banyak mendapatkan dukungan masyarakat, terutama dari kalangan pengusaha, termasuk UMKM, dan komunitas religius, baik dari Gresik Utara maupun Selatan. "Saya optimis bisa maju dan mendapatkan rekom DPP PDIP," pungkasnya. 

Sementara Mustofa menyatakan, bahwa Effendy merupakan orang ke-9 yang mengembalikan formulir pendaftaran. "Hari ini penutupan pendaftaran di DPC PDIP. Dari 13 pendaftar, sudah 9 orang yang mengembalikan (formulir, Red)," katanya. (hud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO