​Kedepankan Kesehatan Matra Laut, Stikes Hang Tuah Surabaya Mewisuda 332 Mahasiswa

​Kedepankan Kesehatan Matra Laut, Stikes Hang Tuah Surabaya Mewisuda 332 Mahasiswa Para wisudawan sedang mengikuti prosesi wisuda.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Hang Tuah Surabaya terus kedepankan kesehatan matra laut. Hal itu disampaikan Ketua Stikes Hang Tuah Surabaya, Wiwiek Liestyaningrum S.Kp., M.Kep., sebelum mewisuda 332 mahasiswa di Graha Samudra Bumimoro, Rabu (11/9).

“Ini sesuai dengan visi kami yaitu menjadi sekolah ilmu kesehatan yang mandiri, bermatabat, kompetitif, serta berwawasan kesehatan maritime dan kelautan,” kata Wiwiek.

Untuk mewujudkan visi tersebut, pihaknya menerapkan di beberapa mata kuliah antara lain mata kuliah matra laut. 

Ia menuturkan juga bekerja sama dengan beberapa institusi antara lain Lembaga Kesehatan Kelautan (Lakesla) di bawah wilayah Rumkital Dr Ramlan, Dinas Kesehatan Koarmada II, serta Puspernebal.

“Di dalam praktik tersebut mahasiswa diberikan pembelajaran bagaimana untuk mempersiapkan personil untuk melakukan penyelaman. Jadi di situlah mahasiswa dibekali ilmu hiperberik, dibekali cara evakuasi pasien,” tuturnya.

Selain itu, Wiwiek mengaku pihaknya juga melaksanakan praktek penelitian pengabdian masyarakat di rumah sakit dan puskesmas daerah pesisir. Mulai dari penyuluhan sampai pemberian pelatihan, pendampingan, penelitian.

"Intinya kita melakukan pengabdian masyarakat berdasarkan hasil penelitian di daerah pesisir itu jadi tidak asal, seperti di Kenjeran, Pamekasan,” ungkapnya.

Wisudawan terbaik Dwi Retno Anjar Pratiwi dari prodi profesi dengan IPK 3,98 mengatakan, sebelumnya ia menempuh D3 di sini. Di sini ia mendapatkan banyak ilmu tentang ilmu keperawatan dan ilmu kelautan.

“Saya berharap setelah lulus bisa mengembangkan ilmu keperawatan, bisa membangun masyarakat Indonesia sehat,” ujarnya. (dev/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO