​Di Forum Kementerian PUPR, Risma Paparkan Pentingnya IPAL

​Di Forum Kementerian PUPR, Risma Paparkan Pentingnya IPAL

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini membuka acara Rapat Koordinasi Percepatan Pelaksanaan bertajuk National Slum Upgrading Program (NSUP) di Hotel Wyndham Surabaya, Senin (09/09/2019).

Dalam kesempatan itu, Risma menceritakan berbagai pengalaman dan stategi upaya dalam pengelolaan lingkungan. Salah satunya terkait pemasangan saluran pembuangan air limbah di berbagai kawasan permukiman Kota Surabaya.

“Bapak ibu, sebetulnya pemasangan saluran pembuangan air sangat penting sekali terhadap kota ke depan. Karena jika tidak diperhatikan, maka air akan ke mana-mana, kawasan kota akan kumuh. Maka impactnya, banyak sekali terutama kesehatan bagi warga sendiri,” kata Wali Kota Risma di sela sambutannya.

Ia menjelaskan dalam pengelolaan lingkungan, pihaknya memasang saluran pembuangan air sampai pada gang-gang kecil. Bahkan ketika tidak bisa dipasang di pinggir, ia pun memutuskan memasang saluran pembuangan air di tengah jalan.

“Ada gang yang cukup sempit sekitar satu meter, itu pun saya tetap paksa agar dipasang saluran di tengah,” jelasnya.

Selain itu, upaya lain juga dilakukan oleh Risma yakni dengan membangun Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) untuk kawasan permukiman. Hal ini dilakukan karena menurutnya dapat dimanfaatkan lebih banyak lagi untuk masyarakat.

“IPAL ini banyak sekali manfaatnya, seperti warga bisa menyiram tanaman. Lalu jika ada warga yang rumahnya kebakaran juga bisa dibantu dengan pertolongan pertama menggunakan air ini,” imbuhnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO