Sabtu, 07 Desember 2019 23:05

Siswi MTsN 1 Kota Malang Temukan Beras Analog Berbahan Tiwul, Cocok untuk Penderita Diabetes

Kamis, 29 Agustus 2019 22:13 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Iwan Irawan
Siswi MTsN 1 Kota Malang Temukan Beras Analog Berbahan Tiwul, Cocok untuk Penderita Diabetes
Dania Wijayanti dan Rizqina Faizana, dua siswi MTsN 1 Kota Malang saat menerima piagam dan uang pembinaan usai menjuarai Inotek 2019 di Hotel Savana Malang, Kamis (29/08).

MALANG, BANGSAONLINE.com - Beras analog berbahan dasar bayam, tiwul, dan ubi ganyong, merupakan inovasi yang ditemukan dua siswi kelas VIII dan IX MTsN 1 Kota Malang, Dania Wijayanti dan Rizqina Faizana. Dipercaya, beras analog ini kaya nutrisi sehingga baik untuk kesehatan dan cocok untuk penderita diabetes.

Nasi analog ini dibuat dengan metode Logan Rice (low glycemic and high nutrition analog rice), akrabnya disebut beras analog bernutrisi.

Berkat inovasi ini, Dania Wijayanti dan Rizqina akhirnya menjuarai Inotek (Inovasi Teknologi) tahun 2019 kategori Agribisnis.

Dania dan Rizqina mengatakan, ide membuat nasi analog muncul ketika ia sering mendengar jika harga beras cukup mahal. Di samping itu, ia ingin mencari solusi terhadap penderita diabetes yang biasanya disarankan mengurangi konsumsi beras.

"Penelitian dilaksanakan sekitar Maret hingga Mei 2018. Kami berdua mulai mengumpulkan buku-buku literasi untuk mempelajarinya. Di bulan Agustus 2018, baru mengaktualisasikan secara berkelanjutan," cerita mereka berdua.

Menurut Dania dan Rizqina, keberhasilan menjuarai Inotek tidak lepas dari dukungan dan support pihak madrasah. Mulai dari bahan, penelitian, hingga proses finishing. "Kami saat ini masih ingin mematangkan lagi agar karya kami berdua lebih siap lagi. Ke depannya, kami bermimpi bisa lebih maju dan berkembang, serta memiliki HAKI. Tapi akan kami pikirkan sambil jalan," pungkas mereka berdua.

Sekadar diketahui, Inotek 2019 diselenggarakan Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang) Kota Malang. Kegiatan ini diikuti sejumlah ratusan peserta mulai perguruan tinggi, pendidikan SMP/SMA, lembaga swasta, maupun masyarakat biasa. Acara digelar di Hotel Savana Malang, Kamis (29/08). (iwa/thu/ros/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 21 November 2019 23:31 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Meluasnya kabar keberadaan destinasi wisata alam pohon besar yang mempunyai akar seribu di Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, membuat warga setempat penasaran. Kini, pohon akar seribu itu telah menjadi daya tarik da...
Senin, 02 Desember 2019 15:43 WIB
Oleh: Nico Ainul Yakin (Wakil Ketua DPW Nasdem Jawa Timur)HUT ke-8 Partai NasDem yang digelar DPW Partai NasDem Jawa Timur di JX International Surabaya (23/11/2019) lalu berjalan meriah dan sukses. Ribuan kader NasDem dari pelosok Jawa Ti...
Sabtu, 30 November 2019 20:10 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*76. Wa-in kaaduu layastafizzuunaka mina al-ardhi liyukhrijuuka minhaa wa-idzan laa yalbatsuuna khilaafaka illaa qaliilaan.Dan sungguh, mereka hampir membuatmu (Muhammad) gelisah di negeri (Mekah) karena engkau h...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...