Senin, 14 Oktober 2019 18:52

Siswi MTsN 1 Kota Malang Temukan Beras Analog Berbahan Tiwul, Cocok untuk Penderita Diabetes

Kamis, 29 Agustus 2019 22:13 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Iwan Irawan
Siswi MTsN 1 Kota Malang Temukan Beras Analog Berbahan Tiwul, Cocok untuk Penderita Diabetes
Dania Wijayanti dan Rizqina Faizana, dua siswi MTsN 1 Kota Malang saat menerima piagam dan uang pembinaan usai menjuarai Inotek 2019 di Hotel Savana Malang, Kamis (29/08).

MALANG, BANGSAONLINE.com - Beras analog berbahan dasar bayam, tiwul, dan ubi ganyong, merupakan inovasi yang ditemukan dua siswi kelas VIII dan IX MTsN 1 Kota Malang, Dania Wijayanti dan Rizqina Faizana. Dipercaya, beras analog ini kaya nutrisi sehingga baik untuk kesehatan dan cocok untuk penderita diabetes.

Nasi analog ini dibuat dengan metode Logan Rice (low glycemic and high nutrition analog rice), akrabnya disebut beras analog bernutrisi.

Berkat inovasi ini, Dania Wijayanti dan Rizqina akhirnya menjuarai Inotek (Inovasi Teknologi) tahun 2019 kategori Agribisnis.

Dania dan Rizqina mengatakan, ide membuat nasi analog muncul ketika ia sering mendengar jika harga beras cukup mahal. Di samping itu, ia ingin mencari solusi terhadap penderita diabetes yang biasanya disarankan mengurangi konsumsi beras.

"Penelitian dilaksanakan sekitar Maret hingga Mei 2018. Kami berdua mulai mengumpulkan buku-buku literasi untuk mempelajarinya. Di bulan Agustus 2018, baru mengaktualisasikan secara berkelanjutan," cerita mereka berdua.

Menurut Dania dan Rizqina, keberhasilan menjuarai Inotek tidak lepas dari dukungan dan support pihak madrasah. Mulai dari bahan, penelitian, hingga proses finishing. "Kami saat ini masih ingin mematangkan lagi agar karya kami berdua lebih siap lagi. Ke depannya, kami bermimpi bisa lebih maju dan berkembang, serta memiliki HAKI. Tapi akan kami pikirkan sambil jalan," pungkas mereka berdua.

Sekadar diketahui, Inotek 2019 diselenggarakan Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang) Kota Malang. Kegiatan ini diikuti sejumlah ratusan peserta mulai perguruan tinggi, pendidikan SMP/SMA, lembaga swasta, maupun masyarakat biasa. Acara digelar di Hotel Savana Malang, Kamis (29/08). (iwa/thu/ros/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Senin, 14 Oktober 2019 10:04 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Rayap, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesa (KBBI), mengandung dua arti. Pertama, rayap adalah serangga (seperti semut) berwarna putih tidak bersayap. Kedua, rayap berarti orang yang mengeruk kantong orang lain.Dalam berbagai ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...