Wakil Wali Kota Pasuruan Buka Festival Budaya Kampung Muncilan

Wakil Wali Kota Pasuruan Buka Festival Budaya Kampung Muncilan Wakil Walikota Pasuruan saat membuka festival budaya Muncilan.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Wakil Wali Kota Pasuruan, Raharto Teno Prasetyo, ST membuka festival Kampung Budaya Muncilan yang akan berlangsung hingga Minggu (24/8) mendatang.

Raharto Teno berharap dengan diadakan festival kampung budaya Mancilan bisa menginspirasi pemberdayaan budaya kampung-kampung lainnya. Harus ada geliat inisiatif, baik itu oleh masyarakat setempat ataupun komunitas pegiat-pegiat kampung.

“Mari kita nyengkuyung untuk nguri-uri budaya kampung, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Inilah titik awal kita memulai semangat membangun Kota dari Kampung yang linear sesuai dengan program Presiden Republik Indonesia yaitu membangun Indonesia dari pinggiran,”ujar Raharto Teno, Jumat (23/8) ketika membuka acara dan dilanjutkan dengan penampilan pencak silat Kuntu Mancilan.

Muncilan merupakan sebuah kampung di Kota Pasuruan yang memiliki keunikan. Dusun Muncilan diyakini sebagai tempat ‘moksa’ (menghilang untuk meninggal) Untung Suropati saat melawan pertempuran sengitnya melawan VOC. Dusun Mancilan juga memiliki sejarah dan tradisi panjang dalam olah kanuragan yang kemudian hari lebih dikenal sebagai Pencak silat Mancilan.

Pembukaan acara dihadiri Kepala OPD terkait, Camat, Lurah, unsur LPM, Karang Taruna, PKK, Ketua RT/RW, perwakilan padepokan silatserta undangan lain.

Kepala BadanPerencanaan Pembangunan, Pengembangan Dan Penelitian Daerah Kota Pasuruan Drs. H. Djoko Adri Srijono, M.Si mengatakan, tujuan acara ini adalah untuk mengangkat, mendorong,dan menggalang dukungan elemen masyarakat dalam mewujudkan Kampung Budaya Mancilan.Peserta meliputi 27 padepokan ranting pencak silat Kuntu Mancilan dengan 14 penampilan kendang kedencong, 62 penampilan silat dan 10 stan jajanan. (ard/par/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO