Selasa, 21 Januari 2020 09:36

Kurangi Risiko Bencana, Pemkot Pasuruan Gelar Peningkatan Keterampilan Bagi Kelurahan

Rabu, 21 Agustus 2019 18:31 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Ardianzah
Kurangi Risiko Bencana, Pemkot Pasuruan Gelar Peningkatan Keterampilan Bagi Kelurahan

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pasuruan menggelar kegiatan "Peningkatan Keterampilan Pengurangan Risiko Bencana Bagi Kelurahan Tangguh Bencana" di Kota Pasuruan. 

Kegiatan yang secara resmi dibuka oleh Wakil Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo, S.T. ini diadakan pada Rabu (21/8), di Hotel BJ Perdana Jalan Sultan Agung Nomor 21 Kota Pasuruan. 

Teno berharap kepada para peserta agar nantinya dapat menjadi pelopor masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam penanggulangan bencana di wilayah Kota Pasuruan. 

"Upaya penanggulangan bencana di Kota Pasuruan perlu ditangani secara komprehensif, multi sektor, terpadu dan terkoordinasi antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan masyarakat," ucapnya.

Sementara Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Pasuruan Samsul Hadi, menjelaskan maksud dilaksanakan kegiatan ini untuk mewujudkan kepedulian dan ketangguhan masyarakat melalui peningkatan pengetahuan, kesadaran, dan kemampuan serta perilaku dan budaya yang sadar bencana. 

"Tujuannya yaitu melindungi masyarakat yang tinggal di daerah rawan bahaya dari dampak-dampak merugikan bencana serta meningkatkan peran serta masyarakat, kapasitas kelembagaan dan kerja sama dengan para pemangku kepentingan dalam mengurangi risiko bencana," terangnya.

Peserta kegiatan peningkatan keterampilan pengurangan risiko bencana bagi kelurahan tangguh bencana adalah warga Kota Pasuruan berjumlah 54 orang. Terdiri dari 34 orang perwakilan kelurahan dan 20 orang perwakilan relawan bencana. Narasumber dari BPBD Provinsi Jawa Timur dan BPBD Kota Batu.

Turut Hadir, Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Kepala OPD terkait, Camat Se-Kota, Lurah Se-Kota, Narasumber, peserta kegiatan serta undangan lain. (ard/par/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 20 Januari 2020 10:16 WIB
KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Lembah Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu tidak hanya menyimpan potensi wisata pemandian air panasnya yang sangat terkenal itu.Satu aset wisata terpendam Kota Batu yang belum tergali adal...
Senin, 13 Januari 2020 16:17 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanKHM Yusuf Hasyim wafat pada 14 Januari 2007. Putra Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy'ari itu selain dikenal sebagai tokoh NU dan komandan Laskar Hizbullah juga pengasuh Pesantren Tebuireng selama 41 tahun (1965-2006). Untuk mengenan...
Senin, 20 Januari 2020 14:29 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*79. Wamina allayli fatahajjad bihi naafilatan laka ‘asaa an yab’atsaka rabbuka maqaaman mahmuudaanDan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan...
Kamis, 16 Januari 2020 12:56 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...