Kurangi Risiko Bencana, Pemkot Pasuruan Gelar Peningkatan Keterampilan Bagi Kelurahan

Kurangi Risiko Bencana, Pemkot Pasuruan Gelar Peningkatan Keterampilan Bagi Kelurahan

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pasuruan menggelar kegiatan "Peningkatan Keterampilan Pengurangan Risiko Bencana Bagi Kelurahan Tangguh Bencana" di Kota Pasuruan. 

Kegiatan yang secara resmi dibuka oleh Wakil Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo, S.T. ini diadakan pada Rabu (21/8), di Hotel BJ Perdana Jalan Sultan Agung Nomor 21 Kota Pasuruan. 

Teno berharap kepada para peserta agar nantinya dapat menjadi pelopor masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam penanggulangan bencana di wilayah Kota Pasuruan. 

"Upaya penanggulangan bencana di Kota Pasuruan perlu ditangani secara komprehensif, multi sektor, terpadu dan terkoordinasi antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan masyarakat," ucapnya.

Sementara Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Pasuruan Samsul Hadi, menjelaskan maksud dilaksanakan kegiatan ini untuk mewujudkan kepedulian dan ketangguhan masyarakat melalui peningkatan pengetahuan, kesadaran, dan kemampuan serta perilaku dan budaya yang sadar bencana. 

"Tujuannya yaitu melindungi masyarakat yang tinggal di daerah rawan bahaya dari dampak-dampak merugikan bencana serta meningkatkan peran serta masyarakat, kapasitas kelembagaan dan kerja sama dengan para pemangku kepentingan dalam mengurangi risiko bencana," terangnya.

Peserta kegiatan peningkatan keterampilan pengurangan risiko bencana bagi kelurahan tangguh bencana adalah warga Kota Pasuruan berjumlah 54 orang. Terdiri dari 34 orang perwakilan kelurahan dan 20 orang perwakilan relawan bencana. Narasumber dari BPBD Provinsi Jawa Timur dan BPBD Kota Batu.

Turut Hadir, Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Kepala OPD terkait, Camat Se-Kota, Lurah Se-Kota, Narasumber, peserta kegiatan serta undangan lain. (ard/par/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pasutri Terseret Longsor di Wilayah Gunung Bromo: Suami Selamat, Istri Meninggal':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO