Minggu, 15 September 2019 20:23

Kurangi Risiko Bencana, Pemkot Pasuruan Gelar Peningkatan Keterampilan Bagi Kelurahan

Rabu, 21 Agustus 2019 18:31 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Ardianzah
Kurangi Risiko Bencana, Pemkot Pasuruan Gelar Peningkatan Keterampilan Bagi Kelurahan

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pasuruan menggelar kegiatan "Peningkatan Keterampilan Pengurangan Risiko Bencana Bagi Kelurahan Tangguh Bencana" di Kota Pasuruan. 

Kegiatan yang secara resmi dibuka oleh Wakil Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo, S.T. ini diadakan pada Rabu (21/8), di Hotel BJ Perdana Jalan Sultan Agung Nomor 21 Kota Pasuruan. 

Teno berharap kepada para peserta agar nantinya dapat menjadi pelopor masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam penanggulangan bencana di wilayah Kota Pasuruan. 

"Upaya penanggulangan bencana di Kota Pasuruan perlu ditangani secara komprehensif, multi sektor, terpadu dan terkoordinasi antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan masyarakat," ucapnya.

Sementara Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Pasuruan Samsul Hadi, menjelaskan maksud dilaksanakan kegiatan ini untuk mewujudkan kepedulian dan ketangguhan masyarakat melalui peningkatan pengetahuan, kesadaran, dan kemampuan serta perilaku dan budaya yang sadar bencana. 

"Tujuannya yaitu melindungi masyarakat yang tinggal di daerah rawan bahaya dari dampak-dampak merugikan bencana serta meningkatkan peran serta masyarakat, kapasitas kelembagaan dan kerja sama dengan para pemangku kepentingan dalam mengurangi risiko bencana," terangnya.

Peserta kegiatan peningkatan keterampilan pengurangan risiko bencana bagi kelurahan tangguh bencana adalah warga Kota Pasuruan berjumlah 54 orang. Terdiri dari 34 orang perwakilan kelurahan dan 20 orang perwakilan relawan bencana. Narasumber dari BPBD Provinsi Jawa Timur dan BPBD Kota Batu.

Turut Hadir, Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Kepala OPD terkait, Camat Se-Kota, Lurah Se-Kota, Narasumber, peserta kegiatan serta undangan lain. (ard/par/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Jumat, 13 September 2019 23:27 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...