​Beredar Video Tandingan UAS, Pendeta Hina Hajar Aswad, Air Zamzam, Padahal Sudah Tobat Minta Maaf

​Beredar Video Tandingan UAS, Pendeta Hina Hajar Aswad, Air Zamzam,  Padahal Sudah Tobat Minta Maaf Pendeta Makrus Margianto atau Ali Makrus. foto: youtube.

SURBAYA, BANGSAONLINE.com - Peristiwa pelaporan Ustadz Abdul Somad (UAS) terhadap kepolisian gara-gara ceramahnya menyebut ada jin kafir pada salib tampaknya berkembang liar. Kini beredar video “tandingan” berisi ceramah Makrus Margianto alias Ali Makrus yang menyebut air zamzam di Masjidil Haram Makkah adalah hasil sulingan PDAM Arab Saudi. Menurut dia, sumur yang disebut-sebut tempat sumber air zamzam itu tak ada airnya.

Video ini tersebar di grup-grup WhatsApp (WA). Dari puluhan grup WA yang diikuti BANGSAONLINE.com, baik yang anggotanya para ulama, pejabat, kiai, dan tokoh nasional maupun regional, video Makrus ini banyak diunggah. Karuan saja ragam komentar dan tanggapan muncul yang rata-rata menyayangkan. Bahkan banyak yang marah dan emosi.

BANGSAONLINE.com melakukan searching di Google. Ternyata video Makrus ini bertebaran. Di antaranya berjudul: Mantan Ketua FPI Muhammad Ali Makrus Percaya Isa Almasih. Dalam video di youtube itu Markus disebut keturunan habib. Namanya Muhammad Ali Makrus Attamimi. Ia disebut salah satu tim pemburu hantu di reality show tv. Video itu ditonton 80.642 orang. Dan banyak video Makrus dengan judul lain.

Tampaknya video itu sengaja disebar sedemikian rupa. Buktinya, rekaman video itu dipotong-potong seolah bab per bab. Pemotongan itu seolah untuk menekankan item per item dari ceramah tersebut. Misalnya ada video khusus menyerang dan merendahkan air zamzam. Lalu ada yang khusus menyerang hajar aswad.

Yang menarik, Makrus mengaku pernah melihat sumur air zamzam itu di Makkah. “Sumur itu kering,” kata Makrus di depan jemaah Kristen yang ceramahnya direkam secara sempurna.

Menurut dia, air yang dibawa para jamaah haji ke Indonesia bukan air zamzam. “Itu air laut yang disuling oleh PDAM made in Saudi Arabia,” katanya.

(Muhammad Ali Mahrus saat menyampaikan permintaan maaf. foto: youtube) 

Ceramah Makrus ini memantik reaksi. Sebab faktanya air zamzam itu ada. Bahkan sudah banyak lembaga penelitian internasional, termasuk Organisasi Kesehatan PBB, yang menyebut air zamzam adalah air istimewa dan sangat baik untuk kesehatan.

Dalam pandangan internasional, air zamzam juga disebut sebagai salah satu keajaiban dunia. Penelitian terbaru (2019) dilakukan Maraso Emoto, ilmuwan Jepang. Ia menyatakan bahwa, “Kualitas dan kemurnian zamzam tidak akan ditemukan di tempat lain di bumi ini.”

Penulis buku berjudul 'Pesan dari Air itu juga menyatakan', “Saya telah membuktikan bahwa air mampu berpikir, memahami, merasakan, dan mengekspresikan dirinya sendiri.”

Sama dengan video UAS yang terjadi tiga tahun lalu, video ceramah ini juga terjadi pada tahun 2011 silam. Tapi kini disebar lagi oleh orang-orang yang tampaknya ingin “menandingi” heboh video Somad.

Dalam video itu Makrus Margianto juga menyerang hajar aswad (batu hitam) yang letaknya di pojok ka’bah. Menurut dia, hajar aswad itu dipenuhi ribuan jin. Karena itu ia menertawakan kenapa umat Islam berebut mencium hajar aswad.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO