​Pemkot Pasuruan Gelar Bimtek Motivator ASI bagi OPD

​Pemkot Pasuruan Gelar Bimtek Motivator ASI bagi OPD

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Kesehatan Kota Pasuruan menggelar bimbingan teknis motivator ASI untuk OPD Kota Pasuruan, di Valencia Bakery Cafe & Resto Jalan Hayam Wuruk Nomor 11 Kebonsari Kota Pasuruan.

Bimbingan teknis selama 3 hari berturut-turut mulai Selasa-Kamis (20-22/8) tersebut secara resmi dibuka oleh Wakil Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo, ST.

Dalam sambutannya, Teno-sapaan wawali mengatakan, kesuksesan program ASI eksklusif di Kota Pasuruan tidak terlepas dari peranan semua pihak. 

"Oleh karenanya diimbau kepada bapak dan ibu pimpinan OPD di lingkup Pemerintah Kota Pasuruan untuk dapat menyediakan fasiltas ruang ibu menyusui beserta minimal 1 orang motivator ASI disetiap OPD," katanya.

Lebih lanjut dikatakan, bagi OPD yang telah melaksanakan fasilitasi tersebut diberikan apresiasi. Juga diharapkan, keberhasilan tersebut dapatnya diikuti oleh OPD lain. Tidak terkecuali pihak swasta untuk target selanjutnya. 

"Serta program-program yang berkaitan dengan PMBA (Pemberian Makan pada Bayi dan Anak) untuk lebih dioptimalkan dan ditingkatkan lagi kualitasnya," lanjutnya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pasuruan dr. Shierly Marlena mengatakan, tujuan umum dari penyelenggaraan bimbingan teknis ini adalah untuk peningkatan akses dan kualitas pelayanan gizi bayi dan bawah dua tahun (baduta) melalui program pemberian ASI ekskusif guna meningkatkan derajat kesehatan balita. 

"Sedangkan tujuan khusus agar setiap Organisasi Perangkat Daerah di Pemerintah Kota Pasuruan memiliki motivator ASI dan Ruang Laktasi," ucapnya.

Peserta 40 orang undangan di Pemerintah Kota Pasuruan dan 66 peserta bimbingan teknis dari OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan. Kegiatan Bimbingan Teknis Motivator ASI untuk Organisasi Perangkat Daerah Kota Pasuruan dengan rangkaian materi sejumlah 16 JP (Jam Pelajaran) dengan metode ceramah dan tanya jawab. 

Turut hadir, Asisten Bidang Administrasi Umum dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kota Pasuruan, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan, Camat serta undangan lain. (ard/par/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO