​Wagub Jatim Bagi Kunci Sukses Jalani Pendidikan Pascasarjana ke Mahasiswa Unesa

​Wagub Jatim Bagi Kunci Sukses Jalani Pendidikan Pascasarjana ke Mahasiswa Unesa Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak mengisi Kuliah Perdana Pascasarjana Unesa di Gedung Continuing Program Development (CPD) Kampus Unesa Lidah Wetan Surabaya. foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak membagikan beberapa kunci sukses dalam menjalani kuliah program pascasarjana, di depan mahasiswa baik magister (S2) maupun doktoral (S3) Universitas Negeri Surabaya () saat acara Kuliah Perdana Pascasarjana  di Gedung Continuing Program Development (CPD) Kampus  Lidah Wetan Surabaya, Senin (19/8).

Emil sapaan lekat ini sendiri mengatakan, dalam menempuh pendidikan pascasarjana kata kuncinya adalah interaksi. Sehingga kontribusi mahasiswa terhadap proses pembelajaran menjadi penting.

“Jadi kita tidak hanya sekedar menerima pengetahuan tapi juga bertukar pengetahuan. Inilah yang disebut Co Creation yakni pintar bersama bukan individual,” katanya.

Emil mengatakan, dalam proses pembelajaran pascasarjana, diharapkan bisa terbangun diskusi-diskusi yang membangun. Diskusi ini bisa menghasilkan resume untuk memperkaya khasanah ilmu pengetahuan. Apalagi biasanya dalam kelas pascasarjana mahasiswanya berasal dari beragam latar belakang, baik pendidikan maupun pekerjaannya.

“Di kelas latar belakang mahasiswa dicampur, sehingga interaksi bisa lebih berkembang. Jadi diversity ini membawa kekayaan perspektif karena dalam proses akademik harus mau memahami perbedaan pandangan dan mampu berpikir logis,” katanya.

Sementara untuk mahasiswa program doktoral atau S3, Emil mendorong agar peran mereka dimulai sejak kuliah bukan setelah lulus. Apalagi mereka melakukan penelitian dalam proses studi.

Dalam melakukan penelitian ini, sebut Emil, yang terpenting adalah prosesnya. Apalagi dalam penelitian tersebut dibutuhkan interaksi dan banyak berhubungan dengan orang lain.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO