Sabtu, 18 Januari 2020 15:21

Ngaku Bisa Gandakan Uang, Warga Jetis Mojokerto Gasak Uang Korban Rp 40 Juta​

Senin, 19 Agustus 2019 22:54 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Catur Andy
Ngaku Bisa Gandakan Uang, Warga Jetis Mojokerto Gasak Uang Korban Rp 40 Juta​
Pelaku saat dimintai keterangan petugas Polsek Tulangan, Sidoarjo.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Unit Reskrim Polsek Tulangan berhasil mengamankan Ferdi Setyo Nugroho (46), warga Perum Grand Park, Desa Tado, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto karena melakukan penipuan dengan modus penggandaan uang.

Kanitreskrim Polsek Tulangan, Ipda Sudarso menjelaskan, dalam aksinya, pelaku berhasil menggasak uang sebesar Rp 40 juta dari tangan korban.

“Tidak hanya uang, pelaku juga membawa dua unit motor milik korban,” ucap Ipda Senin (19/8/2019).

Sudarso menuturkan, kejadian bermula saat pelaku yang mengatasnamakan Maulana mengenal korban Uut Ningwiyanti (42) warga Perum Cipta Menanggal 1/18 Surabaya dari media sosial. Dari perkenalan itu, pelaku datang ke tempat korban di Perumtas 3 blok D Desa Grabagan, Kecamatan Tulangan, Sidoarjo. Kemudian, pelaku mengaku bisa menggandakan uang, dengan mahar Rp 50 juta untuk biaya ritual.

“Karena korban tidak punya uang segitu, akhirnya korban hanya menyerahkan Rp 40 juta,” terangnya.

Setelah uang diserahkan, kata Sudarso, dalam waktu seminggu ternyata pelaku tidak melakukan ritual. Justru pelaku menemui korban kembali, dan meminjam motor milik korban dengan alasan memperlancar proses ritual.

Saat itu, korban masih percaya dengan ulah pelaku. Selang kemudian, pelaku kembali lagi menemui korban untuk meminjam motornya untuk kedua kalinya.

“Alasan pelaku, motor yang kemarin rusak dan masih berada di rumahnya,” imbuhnya.

Setelah dua unit motor sudah diserahkan, korban mulai curiga. Kemudian, korban menghubungi pelaku namun handphonenya sudah tidak aktif. Karena merasa tidak ada respons, korban melapor ke Mapolsek Tulangan.

“Atas dasar laporan itu, petugas mulai melakukan pengejaran dan penyelidikan,” ungkapnya.

Dari hasil pengejaran dan penyelidikan, petugas berhasil menangkap pelaku pada tanggal 7 Agustus 2019 di Perum Grand Parkdesa Tado, Kecamatan Jetis, Mojokerto. Pelaku mengaku, uang tersebut habis digunakan untuk biaya hidup, bayar hutang, dan kontrak rumah.

Untuk mencari mangsa lainnya, pelaku sering kontrak dan berpindah-pindah tempat. Dari tangan pelaku, petugas berhasil menyita 3 unit Handphone (HP), 2 pucuk keris, 1 boneka batara karang atau jenglot serta sisa uang hasil menipu sebesar Rp 300 ribu.

Tidak hanya itu, petugas juga menyita 2 unit motor, yakni Honda Vario nopol L 6803 DW dan Yamaha Lexi nopol L 4831 CJ yang diduga milik korban.

“Atas perbuatannya, pelaku terjerat pasal 378 KUHP dan atau pasal 372 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara,” pungkasnya. (cat/ian) 

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 01 Januari 2020 19:47 WIB
BLITAR, BANGSAONLINE.com - Wisata Edukasi Kampung Coklat di Kabupaten Blitar baru-baru ini telah menghadirkan spot instagramable bagi para pengunjung.Lokasi wisata yang terletak di Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar tersebut ...
Senin, 13 Januari 2020 16:17 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanKHM Yusuf Hasyim wafat pada 14 Januari 2007. Putra Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy'ari itu selain dikenal sebagai tokoh NU dan komandan Laskar Hizbullah juga pengasuh Pesantren Tebuireng selama 41 tahun (1965-2006). Untuk mengenan...
Sabtu, 18 Januari 2020 12:20 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*79. Wamina allayli fatahajjad bihi naafilatan laka ‘asaa an yab’atsaka rabbuka maqaaman mahmuudaanDan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan...
Kamis, 16 Januari 2020 12:56 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...