Bupati Pamekasan Pimpin Upacara Detik-detik Proklamasi Hari Kemerdekaan RI ke-74

Bupati Pamekasan Pimpin Upacara Detik-detik Proklamasi Hari Kemerdekaan RI ke-74 Bupati Pamekasan Baddrut Tamam menyerahkan sang saka merah putih untuk dikibarkan.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten Pamekasan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 74 menggelar upacara detik-detik proklamasi di halaman Pendopo Ronngukowati Pamekasan, Jalan Pamongpraja, Sabtu (17/08/19).

HUT Kemerdekaan RI ke-74 tahun ini mengusung tema "SDM Unggul, Indonesia Maju". Sebanyak 76 pelajar SMA sederajat dari berbagai sekolah yang ada di Bumi Gerbang Salam tergabung dalam pasukan pengibaran bendera pusaka (Paskibraka). Mereka terbagi dalam kelompok 17, kelompok, 8 dan kelompok 45.

Dalam upacara kali ini, Bupati Pamekasan Baddrut Tamam bertindak sebagai Inspektur Upacara, sedangkan komandan upacara dipercayakan kepada Kapten Benni yang menjabat sebagai Danramil Kecamatan Larangan. Adapun peserta upacara terdiri dari berbagai unsur seperti TNI, Polri, PNS, pramuka, dan para siswa. Sementara paduan suara dibawakan oleh para siswa-siswi tingkat SMA dan MA.

Upacara bendera HUT ke-74 kemerdekaan RI ini juga dihadiri Kapolres, Dandim 0826/Pamekasan, Sekdakab, Ketua DPRD, segenap pimpinan OPD, serta para undangan dan para veteran.

Sebelum pelaksanaan pengibaran bendera, tepat pukul 10.00 wib terdengar bunyi sirine sebagai tanda detik-detik upacara kemerdekaan RI dimulai. Kemudian dibacakan teks proklamasi oleh Ketua DPRD Pamekasan, Halili Yasin.

Pantauan BANGSAONLINE.com, upacara berjalan khidmat dan lancar. Paskibraka juga melaksanakan tugas dengan baik dalam mengibarkan bendera sang saka merah putih.

Selesai upacara, acara dilanjutkan dengan pemberian remisi bagi para tahanan dari lapas Klas IIA Pamekasan serta penyerahan tali asih kepada 60 janda dan veteran sebagai bentuk terima kasih dan apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Pamekasan.

"Bangsa Indonesia dapat merdeka atas perjuangan para syuhada para pahlawan yang hari ini kita rayakan ke-74 tahun. Mudah-mudahan kemerdekaan yang kita rayakan hari ini bisa kita isi dengan mendorong Bagaimana rakyat di Kabupaten Pamekasan, dan Indonesia bisa mendapatkan pelayanan maksimal dan pemerintah bisa didorong kemakmuran dan kesejahteraannya," tutur Bupati Pamekasan Baddut Tamam dalam sambutannya.

Baddrut berharap, momen kemerdekaan bisa dijadikan oleh Pemerintah Kabupaten dalam memberikan pelayanan yang sempurna kepada seluruh rakyat, serta mendorong kemakmuran yang berkeadilan. (yen/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO