Peringati HUT RI, Risma ​Canangkan Kebun Raya Mangrove Pertama di Dunia

Peringati HUT RI, Risma ​Canangkan Kebun Raya Mangrove Pertama di Dunia Wali Kota Risma bersama Forkopimda sedang menanam pohon mangrove. foto: YUDI A/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini bersama jajaran melakukan penanaman 50 ribu pohon dan menebar 15 ribu benih ikan di Bozem Medokan Sawah Timur Surabaya, Jumat (16/08/19) pagi. Hal ini dilakukan dalam rangka memperingati HUT ke-74 RI.

Kegiatan penanaman pohon ini diikuti sekitar 500 peserta yang terdiri dari Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Surabaya, gabungan perusahaan-perusahaan yang memberikan CSR, serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

Dalam sambutannya, Risma mengungkapkan, pada tahun 2010 wilayah Gunung Anyar ketika musim hujan mengalami banjir. Perumahan-perumahan di sekitarnya juga ikut terendam. Maka dari itu, pihaknya terus melakukan upaya salah satunya penanaman pohon mangrove untuk menanggulangi permasalahan tersebut.

Ia menjelaskan, selain bertujuan untuk menekan banjir dan polusi udara, penanaman mangrove ini juga mampu meminimalisir dampak patahan aktif yang dapat menyebabkan terjadinya gempa atau bencana alam yang lain. 

“Ini karena kita sudah menyiapkan ketahanan dimulai dari tanahnya. Kalau mangrove ini akarnya berada di kedalaman sampai 100 meter, jadi sangat kuat,” jelasnya.

Menurutnya, luas lahan di wilayah mangrove Gunung Anyar yang mencapai 46 hektare ini akan ditanami berbagai jenis mangrove secara bertahap. Sebab, pihaknya telah mencanangkan bahwa kelak wilayah ini akan menjadi Kebun Raya Mangrove pertama di dunia. 

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO