Ikuti Lomba Gapura, Polres Kediri Kota Usung Tema Panji

Ikuti Lomba Gapura, Polres Kediri Kota Usung Tema Panji Gapura Cinta Negeri Polres Kediri Kota Siap menyambut masyarakat saat masuk ke Mako. foto: Arif Kurniawan/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Budaya Panji asal Kediri yang sudah diakui dunia internasional UNESCO diaplikasikan dalam pembuatan gapura dipintu masuk polres Kediri Kota di jalan KDP Slamet Kecamatan Mojororo Kota Kediri.

Sesuai dengan tema Panji, gapura dibentuk menyerupai gunungan dalam pewayangan. Gunungan tersebut dibelah menjadi dua untuk pintu masuk Mapolres dan di atasnya tampak gagah burung garuda yang sedang terbang dan hendak menuju sasaran. Sementara di bawah burung garuda ada tulisan Bhinneka Tunggal Ika. Sementara di sebelahnya ada angka 74 sebagai simbol 74 tahun Indonesia merdeka.

Kapolres Kediri Kota AKBP Anthon Haryadi mengatakan, pembuatan gapura ini untuk menghormati jasa para pahlawan yang diwujudkan dalam gapura.

“Pembuatan gapura ini juga sebagai salah satu bentuk wujud kita menghormati jasa para pahlawan,” ujarnya.

Gapura dengan gambar burung garuda dengan tulisan Bhinneka Tunggal Ika merupakan wujud bangsa Indonesia ini beragam dan berbeda-beda. “Meskipun kita berbeda-beda tetapi tetap satu,” ujarnya.

Gapura yang diberi nama Gapura Cinta Negeri Polres Kediri Kota ini juga diharapkan bisa memberi nilai tambah keindahan saat memasuki markas Polres Kediri Kota. (rif/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO