Kamis, 28 Mei 2020 04:19

Peringati Hari Pramuka ke-58, Kwarcab Kota Pasuruan Gelar Upacara

Rabu, 14 Agustus 2019 23:10 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Ardianzah
Peringati Hari Pramuka ke-58, Kwarcab Kota Pasuruan Gelar Upacara

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-58 Tahun 2019, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Pasuruan menggelar upacara, pada Rabu sore (14/8) di halaman GOR Untung Suropati Kota Pasuruan.

Bertindak sebagai Pembina Upacara Ketua Pengadilan Negeri Kota Pasuruan dihadiri Kakak-kakak pengurus Mabicab dan Mabiram, Kakak-kakak pimpinan Kwarcab dan Kwarram, Kakak-kakak Andalan Cabang dan Andalan Ranting, Kakak-kakak Ketua Mabigus Dan Pembina Gugus Depan Gerakan Pramuka Kota Pasuruan serta adik-adik pramuka.

Sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dibacakan Pembina Upacara Ketua Pengadilan Negeri Kota Pasuruan Dr. Mohammad Amrullah, SH, MH mengatakan Hari Pramuka kali ini mengusung tema “Bersama Segenap Komponen Bangsa, Gerakan Pramuka Siap Sedia Membangun Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)”.

"Tema ini hadir di tengah-tengah keprihatinan banyaknya permasalahan kekinian yang mengancam keutuhan dan keberlangsungan negara dan bangsa Indonesia," ucapnya.

Untuk itu, dalam rangka Hari Pramuka kali ini agar kiranya kakak-kakak dan adik-adik dapat memperhatikan hal-hal sebagai berikut, merebaknya KKN, terpaparnya radikalisme dan terorisme, serta maraknya penyalahgunaan narkoba merupakan 3 (tiga) kejahatan yang menjadi tantangan terbesar bangsa Indonesia saat ini.

"Selain itu, globalisasi mempunyai aspek positif, tetapi tidak sedikit menimbulkan dampak negatif. Kerusakan dan pencemaran lingkungan merupakan kelalaian kita semua. Kegagalan manusia memelihara kelestarian lingkungannya sama artinya undangan terbuka bagi timbulnya berbagai bencana," tambahnya.

Keprihatinan tentang belum terstandarnya seragam Pramuka baik warna, desain, atribut dan tata cara penggunaannya menjadi prioritas Kwartir Nasional dalam upaya menjadikan seragam mempunyai ciri kesamaan.

Kwartir Gerakan Nasional pada Hari Pramuka 2019 ini akan mengusulkan kepada Presiden Republik Indonesia selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional meluncurkan (soft launching) Pramuka Pra Siaga.

"Yaitu Pramuka bagi anak yang belum berusia 7 (tujuh) tahun untuk itu setiap Kwartir perlu mensukseskan peluncuran Pramuka Pra Siaga di wilayah kerja masing-masing guna menjadikan Gerakan Pramuka dapat mengikuti percepatan memajukan bangsa dan negara sejalan dengan perkembangan global," jelasnya.

Seusai sambutan, dilanjutkan dengan penganugerahan tanda penghargaan Lencana Pancawarsa kepada 13 orang sesuai dengan Keputusan Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur Nomor 77 Tahun 2019. Selanjutnya pengumuman pemenang lomba Gugus Depan Unggul Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Pasuruan Tahun 2019, yakni Kategori SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA. (ard/par/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Selasa, 26 Mei 2020 23:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 13 Mei 2020 11:23 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <&...