Peringati Hari Pramuka ke-58, Kwarcab Kota Pasuruan Gelar Upacara

Peringati Hari Pramuka ke-58, Kwarcab Kota Pasuruan Gelar Upacara

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka memperingati Hari ke-58 Tahun 2019, Kwartir Cabang Gerakan menggelar upacara, pada Rabu sore (14/8) di halaman GOR Untung Suropati .

Bertindak sebagai Pembina Upacara Ketua Pengadilan Negeri dihadiri Kakak-kakak pengurus Mabicab dan Mabiram, Kakak-kakak pimpinan Kwarcab dan Kwarram, Kakak-kakak Andalan Cabang dan Andalan Ranting, Kakak-kakak Ketua Mabigus Dan Pembina Gugus Depan Gerakan serta adik-adik pramuka.

Sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan dibacakan Pembina Upacara Ketua Pengadilan Negeri Dr. Mohammad Amrullah, SH, MH mengatakan Hari kali ini mengusung tema “Bersama Segenap Komponen Bangsa, Gerakan Siap Sedia Membangun Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)”.

"Tema ini hadir di tengah-tengah keprihatinan banyaknya permasalahan kekinian yang mengancam keutuhan dan keberlangsungan negara dan bangsa Indonesia," ucapnya.

Untuk itu, dalam rangka Hari kali ini agar kiranya kakak-kakak dan adik-adik dapat memperhatikan hal-hal sebagai berikut, merebaknya KKN, terpaparnya radikalisme dan terorisme, serta maraknya penyalahgunaan narkoba merupakan 3 (tiga) kejahatan yang menjadi tantangan terbesar bangsa Indonesia saat ini.

"Selain itu, globalisasi mempunyai aspek positif, tetapi tidak sedikit menimbulkan dampak negatif. Kerusakan dan pencemaran lingkungan merupakan kelalaian kita semua. Kegagalan manusia memelihara kelestarian lingkungannya sama artinya undangan terbuka bagi timbulnya berbagai bencana," tambahnya.

Keprihatinan tentang belum terstandarnya seragam baik warna, desain, atribut dan tata cara penggunaannya menjadi prioritas Kwartir Nasional dalam upaya menjadikan seragam mempunyai ciri kesamaan.

Kwartir Gerakan Nasional pada Hari 2019 ini akan mengusulkan kepada Presiden Republik Indonesia selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional meluncurkan (soft launching) Pra Siaga.

"Yaitu bagi anak yang belum berusia 7 (tujuh) tahun untuk itu setiap Kwartir perlu mensukseskan peluncuran Pra Siaga di wilayah kerja masing-masing guna menjadikan Gerakan dapat mengikuti percepatan memajukan bangsa dan negara sejalan dengan perkembangan global," jelasnya.

Seusai sambutan, dilanjutkan dengan penganugerahan tanda penghargaan Lencana Pancawarsa kepada 13 orang sesuai dengan Keputusan Ketua Kwartir Daerah Gerakan Jawa Timur Nomor 77 Tahun 2019. Selanjutnya pengumuman pemenang lomba Gugus Depan Unggul Kwartir Cabang Gerakan Tahun 2019, yakni Kategori SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA. (ard/par/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Heboh, Bayi Diduga Hasil Hubungan Gelap Ditemukan Warga Kota Pasuruan di Saluran Irigasi Sawah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO