Kamis, 04 Juni 2020 21:16

Dukung Emil, Khofifah Menolak Gantikan Soekarwo Jadi Ketua Demokrat Jatim

Rabu, 14 Agustus 2019 17:54 WIB
Editor: Tim
Wartawan: Tim
Dukung Emil, Khofifah Menolak Gantikan Soekarwo Jadi Ketua Demokrat Jatim
Khofifah Indar Parawansa. foto: istimewa/ bangsaonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Khofifah Indar Parawansa menolak jadi Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur. "Jadi saya rasa banyak kader keunggulan, kompetitif, komparatif. Saya sampaikan terima kasih. Saya rasa kader di partai demokrat sangat banyak miliki keunggulan kompetitif," kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (14/8/2019).

Khofifah mengaku ingin menjaga jarak dengan semua elemen masyarakat dan ingin fokus memajukan Jatim. "Saya ingin jadi bagian seluruh elemen strategis di Jatim. Saya menjaga jarak yang sama, dengan seluruh elemen strategis apakah partai, perguruan tinggi, ormas dan tentu elemen strategis lainnya," kata Khofifah.

Sebelumnya diberitakan bahwa Dr Soekarwo mundur dari Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur. Direktur Ekskutif DPP Partai Demokrat Fadjar Sampurno mengatakan bahwa surat pengunduran diri Pakde Karwo – panggilan mantan Gubernur Jawa Timur itu – sudah diterima Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). 

"Minggu lalu sudah pak SBY menyatakan setuju [pengunduran diri Soekarwo]," kata Fadjar dikutip CNN Indonesia, Rabu (14/8).

Renvile Antonio, Sekretaris DPD Partai Demokrat Jawa Timur juga membenarkan. Bahkan DPD Partai Demokrat kini sedang mencari siapa pengganti Pakde Karwo.

Menurut Renvile, ada beberapa nama yang cocok, antara lain Gubernur Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur Emil Elistianto Dardak yang mereka usung di Pilkada Jatim 2018.

"Saat ini mereka tidak berpartai. Setahu saya sampai sekarang Khofifah dan
Emil tidak partai, jadi tidak ada salahnya berharap salah satu dari beliau ikut bergabung di PD," katanya.

"Kalau di Ketua DPD kami Gubernur Jatim, minimal keduanya ya unda-undi lah, minimal yang punya jabatan publik cukup signifikan, karena ini merupakan sosok simbol partai," kata Renvile.

Namun Khofifah secara tegas menolak. Ketika wartawan bertanya, bagaimana dengan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, Khofifah setuju. "Itu hak demokrasi. Saya akan ikuti afiliasi politik dan hak demokarsi siapa pun. Misal Pak Wagub jadi bagian dipromot, beliau siap, saya mendukung," kata Khofifah.

Lalu bagaimana tanggapan Emil? “Mana ada kita menjawab sesuatu yang sifatnya masih menjadi wacana. Saya rasa sekarang saya lebih dalam porsinya untuk menjawab hal-hal yang berkaitan dengan amanah di eksekutif,” kata Emil sembari mengatakan bahwa sampai sekarang belum ada komunikasi soal jabatan itu. (tim)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Selasa, 02 Juni 2020 23:45 WIB
Oleh: M. Cholil NafisItulah kemudahan ajaran Islam. Kalau bisa dipermudah mengapa dipersulit, (yassiru wa la tu’assiru). Demikian prinsip ajaran Islam yang beradaptasi dengan kondisi dan zaman. Begitu juga soal pelaksanaan ibadah haji yang meny...
Minggu, 31 Mei 2020 18:02 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 03 Juni 2020 11:08 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <...