Rabu, 12 Mei 2021 02:55

Dukung Emil, Khofifah Menolak Gantikan Soekarwo Jadi Ketua Demokrat Jatim

Rabu, 14 Agustus 2019 17:54 WIB
Editor: Tim
Wartawan: Tim
Dukung Emil, Khofifah Menolak Gantikan Soekarwo Jadi Ketua Demokrat Jatim
Khofifah Indar Parawansa. foto: istimewa/ bangsaonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Khofifah Indar Parawansa menolak jadi Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur. "Jadi saya rasa banyak kader keunggulan, kompetitif, komparatif. Saya sampaikan terima kasih. Saya rasa kader di partai demokrat sangat banyak miliki keunggulan kompetitif," kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (14/8/2019).

Khofifah mengaku ingin menjaga jarak dengan semua elemen masyarakat dan ingin fokus memajukan Jatim. "Saya ingin jadi bagian seluruh elemen strategis di Jatim. Saya menjaga jarak yang sama, dengan seluruh elemen strategis apakah partai, perguruan tinggi, ormas dan tentu elemen strategis lainnya," kata Khofifah.

Sebelumnya diberitakan bahwa Dr Soekarwo mundur dari Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur. Direktur Ekskutif DPP Partai Demokrat Fadjar Sampurno mengatakan bahwa surat pengunduran diri Pakde Karwo – panggilan mantan Gubernur Jawa Timur itu – sudah diterima Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). 

"Minggu lalu sudah pak SBY menyatakan setuju [pengunduran diri Soekarwo]," kata Fadjar dikutip CNN Indonesia, Rabu (14/8).

BACA JUGA : 

Tingkatkan Kualifikasi Akademik Guru Diniyah, Pemprov Jatim Berikan 510 Beasiswa Senilai Rp15 M

Pemprov Jatim Beri Santunan 2.137 Keluarga Korban Meninggal Akibat Covid-19

Beri Perhatian Wong Cilik, Gubernur Khofifah Berbagi 200 Paket Sembako

Emil Dardak dan Bayu Airlangga Kandidat Kuat Ketua DPD Demokrat Jatim

Renvile Antonio, Sekretaris DPD Partai Demokrat Jawa Timur juga membenarkan. Bahkan DPD Partai Demokrat kini sedang mencari siapa pengganti Pakde Karwo.

Menurut Renvile, ada beberapa nama yang cocok, antara lain Gubernur Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur Emil Elistianto Dardak yang mereka usung di Pilkada Jatim 2018.

"Saat ini mereka tidak berpartai. Setahu saya sampai sekarang Khofifah dan
Emil tidak partai, jadi tidak ada salahnya berharap salah satu dari beliau ikut bergabung di PD," katanya.

"Kalau di Ketua DPD kami Gubernur Jatim, minimal keduanya ya unda-undi lah, minimal yang punya jabatan publik cukup signifikan, karena ini merupakan sosok simbol partai," kata Renvile.

Namun Khofifah secara tegas menolak. Ketika wartawan bertanya, bagaimana dengan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, Khofifah setuju. "Itu hak demokrasi. Saya akan ikuti afiliasi politik dan hak demokarsi siapa pun. Misal Pak Wagub jadi bagian dipromot, beliau siap, saya mendukung," kata Khofifah.

Lalu bagaimana tanggapan Emil? “Mana ada kita menjawab sesuatu yang sifatnya masih menjadi wacana. Saya rasa sekarang saya lebih dalam porsinya untuk menjawab hal-hal yang berkaitan dengan amanah di eksekutif,” kata Emil sembari mengatakan bahwa sampai sekarang belum ada komunikasi soal jabatan itu. (tim)

Jual Telur Infertil, 2 Warga Pasuruan Dicokok Polisi
Senin, 10 Mei 2021 23:24 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Aparat Polres Pasuruan mengamankan 2 orang pelaku perdagangan telur ayam infertil. Selain memperdagangkan telur infertil atau afkir, keduanya juga menjual limbah telur tak layak konsumsi, kepada produsen roti rumahan...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Selasa, 11 Mei 2021 06:09 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Penangkapan Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat mengagetkan banyak pihak. Terutama karena itu terkenal sebagai pengusaha kaya raya. Bahkan mengaku punya 36 perusahaan.Tapi Dahlan Iskan mengaku kaget dan tidak kaget? Kena...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...