​Jajaki Ekspor Ikan Tuna & Salmon, Gubernur Khofifah Terima Dubes Republik Belarus

​Jajaki Ekspor Ikan Tuna & Salmon, Gubernur Khofifah Terima Dubes Republik Belarus Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melakukan penandatangan kerjasama dengan Duta Besar Belarus H. E. Valery Kolesnik di Gedung Negara Grahadi, Senin (12/8) sore. foto: istimewa/ bangsaonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kembali melakukan terobosan potensi . Kali ini Khofifah menjajaki peluang kerjasama di bidang pengolahan hasil laut dengan Republik Belarus, Negara di Eropa Timur. Menurut dia, kerja sama tersebut sangat potensial bagi nilai Jatim.

“Republik Belarus tidak memiliki wilayah laut. Sehingga mereka tertarik kerja sama di sektor olahan hasil laut terutama adalah tuna dan salmon,” kata Gubernur Khofifah usai menerima Duta Besar Belarus H. E. Valery Kolesnik di Gedung Negara Grahadi, Senin (12/8) sore.


Kerja sama di bidang olahan hasil laut dengan negara pecahan Uni Sovyet itu dinilai sangat potensial dan dapat meningkatkan nilai Jawa Timur ke Belarus.

Lebih lanjut Khofifah menyampaikan bahwa Jawa Timur memiliki potensi besar untuk dapat menyuplai tuna ke Belarus, karena di Malang Selatan tepatnya di Sendang Biru termasuk penyuplai Tuna terbesar di Indonesia. “Bagaimana kalau Belarus ambil ikan tuna dari Sendang Biru. Pengolahan bisa dilakukan di areal Surabaya Industial Estate Rungkut (SIER) sehingga dekat dengan pelabuhan Tanjung Perak?,” tanyanya seraya menawarkan.

Khofifah menambahkan, untuk industri pengolahan hasil laut, Jawa Timur memiliki perusahaan pengolahan yang cukup advance. Salah satunya berada di Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER).

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO