Minggu, 23 Februari 2020 20:20

SDN Duduksampeyan Bantuan AS Diresmikan

Senin, 05 Agustus 2019 15:26 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
SDN Duduksampeyan Bantuan AS Diresmikan
Konjen AS di Surabaya, Mark Mc Govern bersama Perwakilan dari Komando Armada Daerah II Kolonel Laut Eka Prabawa saat meresmikan SDN Duduksampeyan. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK,BANGSAONLINE.com - Gedung baru SDN Duduksampeyan Kecamatan Duduksampeyan yang dibangun dari program kerja sama CARAT 2019 antara Batalyon Zeni 2/Marinir, Korps Marinir TNI AL, dan Naval Mobile Construction Battalion Four, USN yang tergabung dalam 'Partners in Building a Better Future' diresmikan, Senin (5/8).

Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya Mark Mc Govern bersama Perwakilan dari Komando Armada Daerah II Kolonel Laut Eka Prabawa, dan Kepala Kesbangpol Darman yang mewakili Bupati Gresik bersama-sama melakukan pengguntingan pita sebagai tanda peresmian SDN.

Darman menyatakan, Bupati Gresik mengucapkan terima kasih atas bantuan pembangunan gedung sekolah yang telah dilakukan oleh US Navy yang dibantu oleh Marinir TNI Angkatan Laut.

"Kami berharap bantuan pembangunan gedung SDN ini dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk kemaslahatan terutama bagi para murid dari SDN Duduksampeyan. Semoga bantuan ini dapat meningkatkan kualitas belajar mengajar di sekolah ini," katanya.

Konsulat Jenderal AS Mark Mc Govern dalam sambutannya menyatakan, bahwa bantuan ini untuk membangun hubungan atas dasar saling menghormati.

"Kerja sama ini memperingati 70 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Amerika dan 25 tahun kerja sama Angkatan Laut Indonesia dan Amerika. Kami berharap pembangunan gedung ini menjadi sejarah bagi hubungan kedua negara. US Navy dan TNI AL bisa terus terhubung dengan sekolah ini," katanya.

Banyaknya material yang tersisa, Mark Mc Govern menyatakan bahwa ini bentuk efisiensi. Dia meminta agar material ini dapat digunakan untuk membangun sarana yang lain termasuk lapangan basket yang masih belum selesai semua.

Pemerintah Amerika Serikat tak hanya memberikan dana. US Navy dan Marinir TNI AL juga melaksanakan sendiri pembangunan gedung SDN tersebut. Ada 45 anggota TNI dan 12 orang anggota US Navy yang terlibat mengerjakan pembangunan Gedung tersebut selama 52 hari.

Para anggota TNI dan US Navy ini membangun beberapa tenda di depan sekolah. Mereka melakukan aktivitas di tenda yang dibangun di jalan depan sekolah. Tenda tersebut digunakan sebagai tempat beristirahat selepas melaksanakan aktivitas pembangunan tersebut.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Pemkab Gresik Mahin mengatakan, bahwa banyak yang terlah dibangun dari kerja sama ini. Ada 2 lokal yang dipergunakan untuk ruang komputer dan ruang guru.

Selain itu, beberapa rehabilitasi juga dilakukan mulai dari pemasangan lantai keramik pada semua ruang kelas. Rehab total ruang perpustakaan, rehab semua ruang kelas, sehingga menjadi lebih layak.

"TNI dan US Navy juga melakukan pembangunan sarana olah raga, serta pengurukan halaman sekolah yang mulanya tampak seperti kolam. Saat ini halaman sekolah ini sudah rata dan bagus dengan ditanami rumput," tuturnya

"Lapangan bola voli dan lapangan basket juga telah dibangun. Selain itu, gedung tua yang tak dipakai yang ada di lingkungan sekolah juga telah dibongkar. SDN Duduksampeyan sekarang sudah menjadi sekolah yang sangat bagus," pungkasnya. (hud/dur)         

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 21 Februari 2020 20:10 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Tuban mempunyai wisata edukasi baru berupa Taman Kelinci. Suasana Taman Kelinci yang terletak di tepi jalan Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban ini begitu adem, asri, dan sejuk, karena jauh dar...
Senin, 17 Februari 2020 20:01 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanGus Sholah. Panggilan yang enak didengar. Sekaligus menyejukkan. Siapa pun yang pernah bertemu, berbincang – apalagi akrab. Pasti terkesan: santun, tawaddlu’, sederhana, egaliter dan moderat. Moderat sesungguhnya. Bukan ...
Kamis, 20 Februari 2020 11:01 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALAyat kaji 80 ...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...