Jumat, 18 Oktober 2019 02:15

​Sekdaprov Jatim Minta Pemkab Pamekasan Siapkan Kesiapsiagaan Bencana

Minggu, 04 Agustus 2019 20:13 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
​Sekdaprov Jatim Minta Pemkab Pamekasan Siapkan Kesiapsiagaan Bencana
Sekdaprov Jatim, Heru Tjahjono bersama Bupati Baddrut Tamam saat menghadiri Simulasi dan Pengukuhan KSB Arek Lancor Pamekasan di lapangan Kelurahan Patemon, Kec. Pamekasan, Kab. Pamekasan. foto: ist

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Sekertaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Heru Tjahjono meminta kepada Pemkab Pamekasan menyiapkan penanggulangan bencana khususnya dalam fase kesiapsiagaan bencana.

Hal ini penting dilakukan, karena Kab. Pamekasan merupkan urutan ke 12 sebagai kab/kota yang rawan bencana. Sedangkan, berdasarkan Indeks Resiko Bencana Indonesia (IRBI) Kab. Pamekasan urutan 115 dari 496 kab/kota yang berkategori resiko bencana tinggi.

“Berdasarkan data tersebut maka pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) sangatlah penting, sehingga bisa meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana,” ungkap Heru sapaan lekat Sekdaprov Jatim saat menghadiri Simulasi dan Pengukuhan KSB Arek Lancor Pamekasan di lapangan Kelurahan Patemon, Kec. Pamekasan, Kab. Pamekasan, Sabtu (3/8).

Heru menjelaskan, esensi pembentukan KSB yaitu pelibatan masyarakat setempat dalam pelaksanaan penanggulangan bencana. Oleh sebab itu, lewat KSB, masyarakat dan Tagana akan saling bahu membahu untuk mengurangi resiko bencana. Disamping itu, nilai-nilai kearifan lokal yang selama ini tumbuh di masyarakat akan memperkokoh kegiatan penanggulangan bencana.

“Lewat KSB ini diharapkan akan tercipta hubungan yang baik antara pemerintah dan masyarakat sehingga penanggulangan bencana akan cepat dan mudah dilakukan,” urai Heru sembari menjelaskan bahwa KSB di Kab. Pamekasan merupakan KSB ke 35 yang dibentuk di Prov. Jatim.

Dalam penanggulangan bencana, lanjut Heru, terdapat tiga hal pokok yang perlu mendapat perhatian. Pertama, yaitu One Rule yang berarti satu aturan dalam penanggulangan bencana sehingga bisa menjadi acuan bersama. Kedua, yakni One Command yang diartikan satu perintah atau menggunakan manajemen dan pola kepemimpinan yang jelas.

“Yang ketiga yaitu One Corps yang lainnya walaupun yang terlibat dalam penanggulangan bencana berasal dari berbagai corps namun memilki jiwa korsa yang sama,” tutur Heru.

Diakhir sambutannya, Heru mengajak seluruh komponen masyarakat untuk ikut bekerjasama dan bersinergi mengurangi resiko bencana. Pemkab Pamekasan juga diharapkan dapat pro aktif dalam membina keberadaan KSB. Kepada Bupati Pameksan, pihaknya juga meminta agar segera menerbitkan Surat Keputusan SK) KSB Kec. Pamekasan.

“Terimakasih atas dukungan dari pemerintah daerah dan seluruh elemen masyarakat untuk ikut memberikan respon yang cepat dalam penanggulangan bencana. Salah satunya membentuk Kampung Siaga Bencana Berdaya,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Pamekasan Baddrut Tamam mengatakan, pihaknya menyambut baik pembentukan KSB di 4 kelurahan dan 1 desa di Kab. Pamekasan. Menurutnya, KSB akan bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat khususnya dalam hal kesiapsiagaan bencana. Apalagi, Kab. Pamekasan merupakan daerah yang rawan bencana banjir.

“KSB ini kami harapkan bisa meningkatkan kemampuan masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana. Kami juga berharap pembentukan KSB bisa berkembang di daerah-daerah lain di Kab. Pamekasan,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Sekdaprov Heru juga melakukan peninjauan miniatur lumbung pangan, posko KSB, dan dapur umum mobil yang biasa disiapkan saat terjadi bencana.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, antara lain Sekda Kab. Pamekasan beserta jajarannya, Kadis Sosial Prov. Jatim, serta sekitar 200 masyarakat dari Kab. Pamekasan. (mdr/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 18 Oktober 2019 01:53 WIB
SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Komunitas Mahasiswa Generasi Bari Indonesia (GenBI) Jember melakukan penanaman terumbu karang di laut dangkal objek wisata Pasir Putih Situbondo, Kamis (17/10).Selain itu, komunitas mahasiswa penerima beasiswa Bank ...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...