​Kemenag Tuban Pantau Hilal Awal Dzulhijjah 1440 H

​Kemenag Tuban Pantau Hilal Awal Dzulhijjah 1440 H Tim Kemenag Tuban bersama Tim Badan Hisab Rukyat (BHR) saat menggelar rukyatul hilal di lokasi bukit menara rukyat Desa Banyuurip, Kecamatan Senori.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Guna menentukan awal bulan Dzulhijjah 1440 H/2019 M, Kantor bersama Tim Badan Hisab Rukyat (BHR) Kabupaten Tuban telah menggelar rukyatul hilal di lokasi bukit menara rukyat Desa Banyuurip, Kecamatan Senori, kabupaten setempat, Kamis (1/08) petang.

Penyelenggara Syariah, Mashari mengatakan, tim rukyat sore ini tidak berhasil melihat hilal karena cuaca yang tidak mendukung, yakni tertutup kabut tebal. Meski menurut ilmu hisab ketinggian hilal sudah imkanurrukyah.

Dengan demikian, awal bulan Dzulhijjah 1440 hijriyah tetap menunggu hasil sidang istbat (penetapan) dari pemerintah melalui Menteri Agama RI yang diselenggarakan malam ini.

"Kita tetap menunggu hasil sidang isbat," ujar Mashari.

Sementara itu, Kepala H. Sahid memaparkan meski hasil rukyatul hilal tidak berhasil, pihaknya tetap memberikan apresiasi dan menyambut baik pelaksanaan tersebut sebagai upaya untuk penentuan awal bulan Dzulhijjah 1440 H. Menurutnya, pelaksanaan rukyatul hilal itu penting dan tidak hanya sekali ini saja, sebab hal itu berkaitan dengan ibadah di mana hasilnya terdapat penentuan awal bulan qomariyah.

"Hasil rukyatul hilal sore ini oleh tim akan dilaporkan langsung kepada Menteri Agama RI melalui Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jatim di Surabaya, sebagai bahan pertimbangan saat sidang itsbat di Jakarta untuk menentukan awal bulan Dzulhijjah 1440 H/2019 M," beber Sahid. (gun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO