Senin, 18 November 2019 03:21

Sambut Dubes Slowakia, Wagub Emil Sebut Kemiripan Kedua Wilayah

Kamis, 01 Agustus 2019 00:54 WIB
Editor: .
Wartawan: M. Didi Rosadi
Sambut Dubes Slowakia, Wagub Emil Sebut Kemiripan Kedua Wilayah
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak memberikan cinderamata kepada Dubes Slovakia Mr. Jaroslav Chlebo di Gedung Grahadi.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menyambut hangat Duta Besar Slowakia untuk Indonesia, Jaroslav Chlebo beserta istri berkunjung di Jawa Timur. Sambutan hangat itu diberikan Wagub Emil Dardak kepada Jaroslav Chlebo saat berkunjung di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (30/7).

Pria yang kerap disapa dengan Emil Dardak itu menyebutkan bahwa kedua wilayah, antara Jawa Timur dan Slowakia memiliki kemiripan. Khususnya soal sentra industri yang tengah fokus pada revolusi industri 4.0.

“Jika Jatim sebagai salah satu sentra industri di Indonesia, maka Slowakia menjadi sentra industri di kawasan Eropa,” ungkapnya.

Hal-hal yang menjadi perhatian kedua pemerintah di antaranya tentang kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi dalam revolusi industri. Selain itu, persoalan upah tenaga kerja juga menjadi fokus pembicaraan. Kedua pemerintah tengah fokus dalam upaya menyejahterakan buruh sekaligus membangun daya saing usaha yang kompetitif.

“Hal-hal inilah yang diharapkan bisa bersama-sama melakukan tukar pikiran untuk mencari solusinya,” jelas pria yang pernah menjabat sebagai Bupati Trenggalek itu.

Melalui kemiripan tersebut, Wagub Emil berharap kerjasama antara Slowakia dan Jatim dapat terus dikembangkan. Ia menambahkan, membangun persahabatan dengan Slowakia merupakan pintu masuk yang bagus bagi Jatim ke Eropa.

“Semuanya akan dibangun secara bertahap mengingat kerjasama dengan Slowakia bisa menjadi jalan untuk kerjasama ke negara-negara lain,” terang Emil Dardak.

Selain bidang perindustrian, Slowakia juga tengah fokus dalam pengembangan bidang Informasi dan Teknologi (IT). Yang menjadi fokusnya adalah Computer Engineering, utamanya dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

Wagub Emil menjelaskan, jika pihaknya akan berkomunikasi untuk melaksanakan pertemuan lanjutan dalam waktu dekat. Pertemuan itu diharapkan dapat membawa kabar baik bagi persahabatan kedua negara.

Senada dengan Wagub Emil, Dubes Jaroslav Chlebo juga memberikan sinyal positif terhadap pembukaan kerjasama di berbagai aspek. Pihaknya sangat terbuka untuk menjalin persahabatan dengan Pemerintah Prov. Jatim.

"Dimulai dari persahabatan, akan terjalin kerjasama yang lain," ucapnya.

Pertemuan kali ini merupakan yang pertama bagi keduanya. Setelah sebelumnya menghadiri Ponorogo International Mask and Folklore Festival 2019 (PIMF Fest), Dubes Slowakia sengaja berkunjung ke Gedung Negara Grahadi untuk menyampaikan salamnya kepada Gubernur Jatim Khofifah Indah Parawansa.

“Setelah dari Ponorogo, Pak Dubes khusus datang ke Surabaya untuk menyampaikan salam dan silaturahmi kepada Ibu Gubernur,” tutur Wagub Emil. (mdr)

Badai Kembali Terjang Ngawi, Panggung dan Tenda untuk Lomba Panahan di Alun-alun Porak Poranda
Sabtu, 09 November 2019 00:05 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Hujan disertai angin kencang kembali memporak-porandakan Kabupaten Ngawi, Jumat (8/11) sore. Kali ini badai angin menerjang wilayah alun-alun dan sekitarnya, yang kebetulan sedang digelar lomba panahan....
Jumat, 15 November 2019 23:45 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Wisata Budaya Taneyan Lanjhang yang terletak di Dusun Buddagan I Desa Larangan Luar Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan semakin diminati wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Taneyan Lanjhang merupakan rum...
Rabu, 06 November 2019 12:44 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Para elit NU struktural tak bisa menyembunyikan kekecewaannya ketika Presiden Joko Widodo mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019 lalu. Kekecewaan itu dieskpresikan secara terbuka oleh Wakil Ketua PB...
Minggu, 17 November 2019 01:29 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*71. Yawma nad’uu kulla unaasin bi-imaamihim faman uutiya kitaabahu biyamiinihi faulaa-ika yaqrauuna kitaabahum walaa yuzhlamuuna fatiilaan.(Ingatlah), pada hari (ketika) Kami panggil setiap umat dengan pemimpi...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...