Sambut Dubes Slowakia, Wagub Emil Sebut Kemiripan Kedua Wilayah

Sambut Dubes Slowakia, Wagub Emil Sebut Kemiripan Kedua Wilayah Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak memberikan cinderamata kepada Dubes Slovakia Mr. Jaroslav Chlebo di Gedung Grahadi.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menyambut hangat Duta Besar Slowakia untuk Indonesia, Jaroslav Chlebo beserta istri berkunjung di Jawa Timur. Sambutan hangat itu diberikan Wagub Emil Dardak kepada Jaroslav Chlebo saat berkunjung di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (30/7).

Pria yang kerap disapa dengan Emil Dardak itu menyebutkan bahwa kedua wilayah, antara Jawa Timur dan Slowakia memiliki kemiripan. Khususnya soal sentra industri yang tengah fokus pada revolusi industri 4.0.

“Jika Jatim sebagai salah satu sentra industri di Indonesia, maka Slowakia menjadi sentra industri di kawasan Eropa,” ungkapnya.

Hal-hal yang menjadi perhatian kedua pemerintah di antaranya tentang kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi dalam revolusi industri. Selain itu, persoalan upah tenaga kerja juga menjadi fokus pembicaraan. Kedua pemerintah tengah fokus dalam upaya menyejahterakan buruh sekaligus membangun daya saing usaha yang kompetitif.

“Hal-hal inilah yang diharapkan bisa bersama-sama melakukan tukar pikiran untuk mencari solusinya,” jelas pria yang pernah menjabat sebagai Bupati Trenggalek itu.

Melalui kemiripan tersebut, Wagub Emil berharap kerjasama antara Slowakia dan Jatim dapat terus dikembangkan. Ia menambahkan, membangun persahabatan dengan Slowakia merupakan pintu masuk yang bagus bagi Jatim ke Eropa.

“Semuanya akan dibangun secara bertahap mengingat kerjasama dengan Slowakia bisa menjadi jalan untuk kerjasama ke negara-negara lain,” terang Emil Dardak.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO