Jumat, 15 November 2019 21:53

Netizen Tak Ingin Tanah di Pantai Mutiara Dibeli Investor, Begini Tanggapan Bupati Arifin

Selasa, 30 Juli 2019 22:59 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Herman Subagyo
Netizen Tak Ingin Tanah di Pantai Mutiara Dibeli Investor, Begini Tanggapan Bupati Arifin
Bupati Trenggalek Moh. Nur Arifin. foto: HERMAN/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Menanggapi komentar dari para netizen yang tidak menginginkan tanah di kawasan pantai Mutiara dibeli oleh investor, Bupati Trenggalek Moh. Nur Arifin angkat bicara.

"Itu kan saking senangnya terhadap obyek wisatanya, terus akhirnya muncul perkataan dibeli. Lha pada kenyataannya tidak bisa lah itu (dibeli, red), lha wong itu tanah negara," kata Arifin dikonfirmasi usai mengikuti sidang paripurna di gedung DPRD Trenggalek, Selasa (30/7).

"Jadi semua investasi yang kita tawarkan tanahnya tidak boleh dibeli oleh investor," tandasnya.

Menurut Bupati termuda se-Indonesia ini, kriteria tanah yang ditawarkan kepada Investor adalah tanah milik Pemkab dan tanah hutan produksi yang statusnya wanawisata di kawasan perhutani.

Bupati Arifin kemudian menjelaskan bahwa pola kerja sama yang akan dibangun dengan para investor nanti adalah kerja sama pemanfaatan barang milik Daerah.

"Tanahnya punya kita, kemudian di atas itu investor bisa nanti bersama masyarakat, itu nanti yang mengelola. Sehingga nanti ada sharing modal atau sharing saham," harapnya.

Dalam hal kerja sama dengan investor nantinya, Arifin menegaskan harus ada Development Agreement atau perjanjian pembangunan. Salah satunya harus melibatkan masyarakat sekitar.

"Jadi jika di hutan (pengelolaan, Red) harus melibatkan LMDH, kelompok masyarakat, atau kelompok masyarakat sadar wisata di sana," tegasnya.

Di akhir wawancara, Arifin mengatakan bahwa dalam waktu dekat ini akan datang arsitek dari Jakarta untuk menggambar secara detail tentang potensi investasi yang telah ditawarkan oleh Pemkab Trenggalek.

"Infonya setelah mereka (investor) pulang, besok ada yang sudah menindaklanjuti. Akhir Agustus akan ada yang datang untuk menggambar detail engineering-nya dan membawa arsitek dari Jakarta," pungkas Arifin. (man/rev)

Badai Kembali Terjang Ngawi, Panggung dan Tenda untuk Lomba Panahan di Alun-alun Porak Poranda
Sabtu, 09 November 2019 00:05 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Hujan disertai angin kencang kembali memporak-porandakan Kabupaten Ngawi, Jumat (8/11) sore. Kali ini badai angin menerjang wilayah alun-alun dan sekitarnya, yang kebetulan sedang digelar lomba panahan....
Selasa, 05 November 2019 19:40 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Taman Mozaik yang berada di Jalan Wiyung Praja Surabaya ini menambah rentetan panjang destinasi wisata taman aktif di Surabaya. Lahan yang sebelumnya rawa-rawa itu disulap Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menjadi taman y...
Rabu, 06 November 2019 12:44 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Para elit NU struktural tak bisa menyembunyikan kekecewaannya ketika Presiden Joko Widodo mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019 lalu. Kekecewaan itu dieskpresikan secara terbuka oleh Wakil Ketua PB...
Kamis, 14 November 2019 13:45 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan anak ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...