Selasa, 17 September 2019 12:22

Netizen Tak Ingin Tanah di Pantai Mutiara Dibeli Investor, Begini Tanggapan Bupati Arifin

Selasa, 30 Juli 2019 22:59 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Herman Subagyo
Netizen Tak Ingin Tanah di Pantai Mutiara Dibeli Investor, Begini Tanggapan Bupati Arifin
Bupati Trenggalek Moh. Nur Arifin. foto: HERMAN/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Menanggapi komentar dari para netizen yang tidak menginginkan tanah di kawasan pantai Mutiara dibeli oleh investor, Bupati Trenggalek Moh. Nur Arifin angkat bicara.

"Itu kan saking senangnya terhadap obyek wisatanya, terus akhirnya muncul perkataan dibeli. Lha pada kenyataannya tidak bisa lah itu (dibeli, red), lha wong itu tanah negara," kata Arifin dikonfirmasi usai mengikuti sidang paripurna di gedung DPRD Trenggalek, Selasa (30/7).

"Jadi semua investasi yang kita tawarkan tanahnya tidak boleh dibeli oleh investor," tandasnya.

Menurut Bupati termuda se-Indonesia ini, kriteria tanah yang ditawarkan kepada Investor adalah tanah milik Pemkab dan tanah hutan produksi yang statusnya wanawisata di kawasan perhutani.

Bupati Arifin kemudian menjelaskan bahwa pola kerja sama yang akan dibangun dengan para investor nanti adalah kerja sama pemanfaatan barang milik Daerah.

"Tanahnya punya kita, kemudian di atas itu investor bisa nanti bersama masyarakat, itu nanti yang mengelola. Sehingga nanti ada sharing modal atau sharing saham," harapnya.

Dalam hal kerja sama dengan investor nantinya, Arifin menegaskan harus ada Development Agreement atau perjanjian pembangunan. Salah satunya harus melibatkan masyarakat sekitar.

"Jadi jika di hutan (pengelolaan, Red) harus melibatkan LMDH, kelompok masyarakat, atau kelompok masyarakat sadar wisata di sana," tegasnya.

Di akhir wawancara, Arifin mengatakan bahwa dalam waktu dekat ini akan datang arsitek dari Jakarta untuk menggambar secara detail tentang potensi investasi yang telah ditawarkan oleh Pemkab Trenggalek.

"Infonya setelah mereka (investor) pulang, besok ada yang sudah menindaklanjuti. Akhir Agustus akan ada yang datang untuk menggambar detail engineering-nya dan membawa arsitek dari Jakarta," pungkas Arifin. (man/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Jumat, 13 September 2019 23:27 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...