26 Wartawan Muda Siap Diuji Kompetensinya di Gedung PWI

26 Wartawan Muda Siap Diuji Kompetensinya di Gedung PWI Ainur Rohim, Ketua PWI Jatim.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - PWI Provinsi Jatim kembali menggelar program Uji Kompetensi Wartawan () pada tanggal 29 dan 30 Juli 2019.  selama dua hari tersebut digelar di Gedung PWI Jatim, Jalan Taman Apsari Surabaya, mulai pukul 09.00 WIB sampai selesai. Tema yang diusung adalah, 'Menuju wartawan yang profesional dan kompeten'.

Ketua PWI Jatim Ainur Rohim mengatakan, program kali ini merupakan Angkatan ke-26 yang digelar oleh PWI Jatim. Sebanyak 26 wartawan dari berbagai media di Jatim maupun media nasional, baik cetak, online, radio maupun televisi akan mengikuti kali ini.

"Ke 26 wartawan tersebut semuanya akan mengikuti kelas muda," ujarnya, Minggu (28/7/2019).

Selama pelaksanaan , para peserta akan dibagi ke dalam lima kelas. Dimana masing-masing kelas berisi antara 5 sampai 6 orang peserta. Mereka, kata Ainur Rohim, akan diuji dengan sejumlah materi yang sangat penting dan substansi untuk dipahami oleh wartawan, baik dalam teori maupun prakteknya.

Mulai merencanakan/mengusulkan liputan, rapat redaksi, dan mencari bahan liputan acara terjadwal.

Selain itu, diujikan juga materi wawancara cegat, membangun jejaring, menulis berita, menyunting berita sendiri, wawancara tatap muka, hingga menyiapkan isi rubrikasi. "Hal yang tidak kalah pentingnya adalah, memahami dan melaksanakan kode etik jurnalistik (KEJ) dan hukum/undang-undang /peraturant pers," jelasnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO