Sabtu, 18 Januari 2020 01:26

Warga Temayang Kerek Protes Pelaksanaan Uji Seismik 3D PHE Pertamina

Jumat, 26 Juli 2019 17:06 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Heri Munif
Warga Temayang Kerek Protes Pelaksanaan Uji Seismik 3D PHE Pertamina
Mediasi antara warga dan pihak PHE TEJ di Balai Desa Temayang.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Pelaksanaan proyek nasional Seismik 3D atau pencarian sumber minyak oleh Pertamina Hulu Energy Tuban East Java (PHE TEJ) menuai protes dari warga Desa Temayang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban. Untuk mencari solusi atas penolakan ini, Forkopimka Kerek menggelar mediasi di Balai Desa Temayang, Jum'at (26/7).

Pantauan BANGSAONLINE.com di lapangan, mediasi yang dihadiri Forkompincam Kecamatan Kerek tersebut berjalan cukup lancar, meskipun kritikan yang disampaikan warga berkali-kali sempat membuat suasana tegang.

Dalam mediasi itu, warga menuntut adanya kompensasi bagi pemilik lahan yang terkena dampak dari aktivitas uji Seismik 3D tersebut. Hal ini seperti disampaikan Darmawi, salah warga desa. Ia menyesalkan tindakan tim uji seismik 3D tersebut, dan menganggapnya telah mencederai kearifan lokal yang selama ini berjalan.

"Di desa ini ada budaya, lewat pekarangan orang saja memberi sebungkus rokok, sedangkan ini adalah proyek, kenapa tidak ada sepeser pun untuk pemilik lahan," keluh Darmawi.

Camat Kerek Sugeng Purnomo yang hadir dalam mediasi tersebut menyarankan agar kedua pihak segera berkoordinasi menyelesaikan masalah tersebut. Ia berharap segera ada solusi untuk tuntutan warga. Sebab, ia menyadari kegiatan uji seismik tersebut merupakan proyek nasional.

Sementara itu, Humas Seismik Pertamina Firzaki mengklaim jika selama ini pihaknya telah melakukan serangkaian sosialisasi di seluruh tingkatan, termasuk di Desa Temayang. Terkait tuntutan warga, Firzaki menjelaskan akan dilaksanakan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan.

"Sesuai Peraturan Pemerintah, memang tidak ada ganti rugi untuk pemilik lahan. Yang kami ganti adalah kerusakan tanaman sesuai area dan volume yang rusak," ucapnya.

Seperti diketahui, Temayang termasuk salah satu desa di Kecamatan Kerek yang masuk peta Seismik Pertamina bersama enam desa lainya yaitu, Padasan, Margomulyo, Karanglo, Sumberarum, Kasiman, dan Hargoretno. (tb1/gun/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 01 Januari 2020 19:47 WIB
BLITAR, BANGSAONLINE.com - Wisata Edukasi Kampung Coklat di Kabupaten Blitar baru-baru ini telah menghadirkan spot instagramable bagi para pengunjung.Lokasi wisata yang terletak di Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar tersebut ...
Senin, 13 Januari 2020 16:17 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanKHM Yusuf Hasyim wafat pada 14 Januari 2007. Putra Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy'ari itu selain dikenal sebagai tokoh NU dan komandan Laskar Hizbullah juga pengasuh Pesantren Tebuireng selama 41 tahun (1965-2006). Untuk mengenan...
Rabu, 15 Januari 2020 12:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*79. Wamina allayli fatahajjad bihi naafilatan laka ‘asaa an yab’atsaka rabbuka maqaaman mahmuudaanDan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan...
Kamis, 16 Januari 2020 12:56 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...