Warga Temayang Kerek Protes Pelaksanaan Uji Seismik 3D PHE Pertamina

Warga Temayang Kerek Protes Pelaksanaan Uji Seismik 3D PHE Pertamina Mediasi antara warga dan pihak PHE TEJ di Balai Desa Temayang.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Pelaksanaan proyek nasional Seismik 3D atau pencarian sumber minyak oleh Hulu Energy Tuban East Java (PHE TEJ) menuai protes dari warga Desa Temayang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban. Untuk mencari solusi atas penolakan ini, Forkopimka Kerek menggelar mediasi di Balai Desa Temayang, Jum'at (26/7).

Pantauan BANGSAONLINE.com di lapangan, mediasi yang dihadiri Forkompincam Kecamatan Kerek tersebut berjalan cukup lancar, meskipun kritikan yang disampaikan warga berkali-kali sempat membuat suasana tegang.

Dalam mediasi itu, warga menuntut adanya kompensasi bagi pemilik lahan yang terkena dampak dari aktivitas uji Seismik 3D tersebut. Hal ini seperti disampaikan Darmawi, salah warga desa. Ia menyesalkan tindakan tim uji seismik 3D tersebut, dan menganggapnya telah mencederai kearifan lokal yang selama ini berjalan.

"Di desa ini ada budaya, lewat pekarangan orang saja memberi sebungkus rokok, sedangkan ini adalah proyek, kenapa tidak ada sepeser pun untuk pemilik lahan," keluh Darmawi.

Camat Kerek Sugeng Purnomo yang hadir dalam mediasi tersebut menyarankan agar kedua pihak segera berkoordinasi menyelesaikan masalah tersebut. Ia berharap segera ada solusi untuk tuntutan warga. Sebab, ia menyadari kegiatan uji seismik tersebut merupakan proyek nasional.

Sementara itu, Humas Seismik Firzaki mengklaim jika selama ini pihaknya telah melakukan serangkaian sosialisasi di seluruh tingkatan, termasuk di Desa Temayang. Terkait tuntutan warga, Firzaki menjelaskan akan dilaksanakan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan.

"Sesuai Peraturan Pemerintah, memang tidak ada ganti rugi untuk pemilik lahan. Yang kami ganti adalah kerusakan tanaman sesuai area dan volume yang rusak," ucapnya.

Seperti diketahui, Temayang termasuk salah satu desa di Kecamatan Kerek yang masuk peta Seismik bersama enam desa lainya yaitu, Padasan, Margomulyo, Karanglo, Sumberarum, Kasiman, dan Hargoretno. (tb1/gun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Kilang Minyak Pertamina Terbakar, 5 Luka Berat, 15 Luka Ringan, Ini Suara Greepeace':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO