Minggu, 15 September 2019 21:54

Warga Temayang Kerek Protes Pelaksanaan Uji Seismik 3D PHE Pertamina

Jumat, 26 Juli 2019 17:06 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Heri Munif
Warga Temayang Kerek Protes Pelaksanaan Uji Seismik 3D PHE Pertamina
Mediasi antara warga dan pihak PHE TEJ di Balai Desa Temayang.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Pelaksanaan proyek nasional Seismik 3D atau pencarian sumber minyak oleh Pertamina Hulu Energy Tuban East Java (PHE TEJ) menuai protes dari warga Desa Temayang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban. Untuk mencari solusi atas penolakan ini, Forkopimka Kerek menggelar mediasi di Balai Desa Temayang, Jum'at (26/7).

Pantauan BANGSAONLINE.com di lapangan, mediasi yang dihadiri Forkompincam Kecamatan Kerek tersebut berjalan cukup lancar, meskipun kritikan yang disampaikan warga berkali-kali sempat membuat suasana tegang.

Dalam mediasi itu, warga menuntut adanya kompensasi bagi pemilik lahan yang terkena dampak dari aktivitas uji Seismik 3D tersebut. Hal ini seperti disampaikan Darmawi, salah warga desa. Ia menyesalkan tindakan tim uji seismik 3D tersebut, dan menganggapnya telah mencederai kearifan lokal yang selama ini berjalan.

"Di desa ini ada budaya, lewat pekarangan orang saja memberi sebungkus rokok, sedangkan ini adalah proyek, kenapa tidak ada sepeser pun untuk pemilik lahan," keluh Darmawi.

Camat Kerek Sugeng Purnomo yang hadir dalam mediasi tersebut menyarankan agar kedua pihak segera berkoordinasi menyelesaikan masalah tersebut. Ia berharap segera ada solusi untuk tuntutan warga. Sebab, ia menyadari kegiatan uji seismik tersebut merupakan proyek nasional.

Sementara itu, Humas Seismik Pertamina Firzaki mengklaim jika selama ini pihaknya telah melakukan serangkaian sosialisasi di seluruh tingkatan, termasuk di Desa Temayang. Terkait tuntutan warga, Firzaki menjelaskan akan dilaksanakan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan.

"Sesuai Peraturan Pemerintah, memang tidak ada ganti rugi untuk pemilik lahan. Yang kami ganti adalah kerusakan tanaman sesuai area dan volume yang rusak," ucapnya.

Seperti diketahui, Temayang termasuk salah satu desa di Kecamatan Kerek yang masuk peta Seismik Pertamina bersama enam desa lainya yaitu, Padasan, Margomulyo, Karanglo, Sumberarum, Kasiman, dan Hargoretno. (tb1/gun/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Jumat, 13 September 2019 23:27 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...