​Angka Kekerasan Seksual Pada Anak di Pamekasan Masih Tinggi

​Angka Kekerasan Seksual Pada Anak di Pamekasan Masih Tinggi Koordinator Divisi Hukum Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak Kabupaten Pamekasan, Umi Supraptiningsih.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Angka kekerasan terhadap anak di Kabupaten masih cukup tinggi. Tercatat pada tahun 2018 ada sebanyak 48 kasus dari berbagai jenis dan bentuk kekerasan terhadap anak di bawah umur. Sedangkan 2019 ada 9 kasus.

Hal tersebut diungkapkan Koordinator Divisi Hukum Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak Kabupaten , Umi Supraptiningsih.

”Untuk kekerasan seksual yang sudah dilaporkan ke pihak polisi ada 15 kasus,” ujar wanita yang juga sebagai wakil dekan II di IAIN Madura. Kamis (25/07/19) di ruang kerjanya.

Umi mengungkapkan, ada 5 kasus kekerasan seksual anak di bawah umur yang diselesaikan secara kekeluargaan.

”Walaupun itu sebenarnya tidak boleh, dan harus diselesaikan secara hukum. Tapi kalau sudah dari masing-masing keluarga sepakat menutup kasus ini, kita tidak bisa berbuat apa-apa,” ungkapnya.

Selanjutnya, Umi membeberkan, ada juga 1 kasus eksploitasi pada anak, 7 kasus penelantaran anak, 1 pencurian yang pelakunya masih anak di bawah umur, dan 11 kasus kekerasan rumah tangga yang korbannya anak, 5 psikis anak, terakhir ada 8 kekerasan fisik yang dilakukan pada anak-anak.

“Dan itu semua sudah terlapor ke pihak Kepolisian dan juga sudah ditangani mas,” tegasnya.

Sedangkan pada tahun 2019 untuk kasus yang terjadi pada anak di bawah umur ada 9 kasus yang ia terima masih mentah. Di antaranya kasus pemerkosaan, kekerasaan seksual dan penganiayaan pada anak.

Ia berharap kepada para orang tua untuk selalu memantau anak-anaknya, dan mengarahkan kepada hal-hal yang positif.

”Untuk menghindari adanya kekerasan pada anak, kita harus intens menjaga dan memantaunya. Kalau perlu anak-anak kita dimasukkan ke Pondok Pesantren biar aman,” pungkasnya. (err/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Haul Akbar di Masjid Nurul Huda Pamekasan, Satukan Generasi dan Santri Kiai Mattawi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO